Soal Sejarah : UAS Genap Terbaru
Latihan Soal Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan lagi tambahan referensi
soal latihan mata pelajaran Sejarah
Indonesia UAS Genap Kelas X. Adapun
yang menjadi fokus materi dalam soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X yaitu
:
a. Wujud Akulturasi Kebudayaan Hindu Buddha dengan
Kebudayaan Nusantara
b. Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara
c. Perkembangan dam Akulturasi Islam di Nusantara
Soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X terdiri dari dua jenis, yaitu
soal pilihan ganda dan soal esai. Berikut soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X.
Soal Pilihan Ganda Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru
1. Berdasarkan
berita dari Marcopolo, Islam telah berkembang di Nusantara disimpulkan berasal
dari kunjungan Marcopolo di …
a. Demak
b. Aceh
c. Kutai
d. Malaka
e. Samudra
Pasai
2. Berdasarkan
makam Sultan Malik Al Saleh, disimpulkan bahwa Islam masuk ke Nusantara pada
abad ke …
a. 11
b. 12
c. 13
d. 14
e. 15
3. Golongan
pembawa Islam ke Nusantara yang pertama adalah …
a. kaum
ulama
b. para
raja
c. kaum
sufi
d. kaum
pedagang
e. kaum
bnagsawan
4. Di
abwah ini yang menjelaskan mengenai kondisi sosial politik di nusantara pada
masa kedatangan Islam adalah …
a. masyarakat
nusantara hidup dalam keanekaragaman penjajah bangsa barat
b. banyak
berdiri kerajaan-kerajaan hindu
c. masyarakat
masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme
d. kerajaan-kerajaan
hindu di nusantara silih berganti mengalami kemunduran
e. kondisi
masyarakat pendalaman sangat terbuka terhadap pengaruh asing
5. Sultan
Malik Al Saleh merupakan raja dari kerajaan …
a. Pidie
b. Sriwijaya
c. Samudra
pasai
d. Aceh
e. Malaka
6. Pada
masa pemerintahan Iskandar Sani, ilmu pengetahuan tentang Islam di kerajaan
Aceh berkembang sangat pesat. kemajuan ini didukung oleh kehadiran …
a. Kamalat
Syah
b. Sri
Ratu Naqiyatuddin Nurul Alam
c. Safiatuddin
Tajul Alam
d. Inayat
Syah
e. Nurudin
Ar Raniri
7. Kerajaan
Demak mengalami kemunduran pada masa pemerintahan Sultan Prawoto disebabkan …
a. banyak
lerajaan kecil di Demak yang melepaskan diri
b. terjadinya
perebutan kekuasaan
c. terjadinya
bencana alam
d. masuknya
bangsa Portugis di Jawa
e. mendapat
serangan dari kerajaan Mataram
8. Pada
tahun 1651, Abdul Qadir mangkat dan tahta Banten diduduki oleh …
a. Sultan
Baabullah
b. Sultan
Ageng Tirtayasa
c. Sultan
Haji
d. Sultan
Khairun
e. Sultan
Hasanuddin
9. Wilayah
yang termasuk persekutuan sembilan (uli siwa) di Maluku adalah …
a. Ambon
b. Obi
c. Bacan
d. Seram
e. Jailolo
10. Para
sultan dan pejabat tinggi rupanya juga menimba ilmu dari para ulama. Seperti
halnya yang terjadi di kerajaan Islam yaitu kerajaan …
a. Samudra
Pasai
b. Pajajran
c. Kutai
d. Majapahit
e. Maluku
11. Keberhasilan
kerajaan Malaka dalam waktu singkat melakukan perubahan sikap dan konsepsi
masyarakat terhadap agama, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan merupakan dampak
dari kegiatan yang dilakukan yaitu …
a. melakukan
pertukaran pelajaran antara pelajar dari nusantara dengan pelajar dari Arab
b. giat
melaksanakan pengajian dan pendidikan Islam
c. melakukan
revolusi pemerintahan
d. mengangkat
para ulama sebagai perangkat pemerintahan
e. rajin
mendatangkan para ulama mancanegara
12. Perhatian
kerajaan Malaka yang tinggi terhadap pendidikan Islam menyebabkan …
a. banyak
sultan dari kerajaan Islam di Asia Tenggara yang datang ke Malaka
b. roda
pemerintahan berjalan baik dan lancar
c. didirikan
lembaga pendidikan Islam
d. banyak
ulama dari mancanegara yang datang ke Malaka
e. menarik
para penuntut ilmu dari berbagai kerajaan Islam di Afrika
13. Ulama
yang terkenal sebagai pelopor pendidikan Islam di Minagkabau adalah …
a. Syekh
Muhammad Baha’udin
b. Syekh
Abdul Muhyi al Garuti
c. Syekh
Yusuf al Makassari
d. Syekh
Abdurrahman Assegaf
e. Syekh
Burhanuddin Ulakan
14. Ulama
yang berjasa menyebarkan pendidikan Islam di Jawa Barat adalah …
a. Syekh
Muhammad Baha’udin
b. Syekh
Abdul Muhyi al Garuti
c. Syekh
Yusuf al Makassari
d. Syekh
Abdurrahman Assegaf
e. Syekh
Burhanuddin Ulakan
15. Kerajaan-kerajaan
Islam di nusantara telah merintis terwujudnya idiom kultural yang sama sebagai
pendorong terjadinya interaksi budaya yang makin erat, yaitu …
a. Islam
b. jaringan
c. akulturasi
d. kesultanan
e. integrasi
16. Banten
sudah menjadi pusat ilmu pengetahuan Islam di pulau Jawa pada abad ke …
a. 14
b. 15
c. 16
d. 17
e. 18
17. Pendidikan
agama cukup menonjol ketika Belanda datang untuk pertama kalinya pada 1596 dan
menyaksikan bahwa orang-orang Banten memiliki guru-guru yang berasal dari
Mekkah. Pernyataan tersebut dikemukakan
oleh …
a. Fransen
van der Putte
b. Martin
van Bruinessen
c. B.D
van Rietschoten
d. Jan
Huygen Linshoten
e. JC
van Leur
18. Banyak
sultan Palembang yang mendorong perkembangan intelektual keagamaan, salah
satunya adalah …
a. Sultan
Muhammad Bahauddin
b. Sultan
Iskandar Muda
c. Sultan
Ahmad Burhanuddin
d. Sultan
Burhanuddin Ulakan
e. Sultan
Hasanuddin Muda
19. Perhatian
Sultan Palembang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan Islam tercermin pada …
a. keberadaan
pondok pesantren dan masjid di daerah karaton
b. datangya
para ulama besar dari mancanegara terutama Timur Tengah
c. giat
melaksanakan pengajian dan pendidikan Islam
d. keberadaan
perpustakaan keraton yang memiliki koleksi yang cukup lengkap dan rapi
e. dilakukannya
pertukaran pelajar muslim antar kerajaan atau kesultanan di nusantara
20. Semua
ilmu yang diberikan di lembaga pendidikan Islam di nusantara ditulis dalam
aksara …
a. Palawa
b. Jawi
c. Arab
d. Pegon
e. Jawa
21. Sebutan
untuk aksara Arab di Melayu adalah …
a. huruf
Palawa
b. huruf
Jawi
c. huruf
Arab
d. huruf
Pegon
e. huruf
Kawi
22. Tujuan
pembentukan kasta dalam agama hindu yaitu …
a. pengaturan
upacara keagamaan
b. agar
ada perkawinan dalam satu kasta
c. agar
jelas perbedaan antar kasta
d. untuk
menjaga kemurnian ras bangsa Arya
e. agar
murni tidak campur aduk antar kasta
23. Fungsi-fungsi
dari masjid di nusantara yang berada dalam pemukiman penduduk dan dikelola
secara swadaya oleh masyarakat adalah …
a. pemberian
berbagai pesan dan ajaran tentang kehidupan beragama
b. tempat
untuk beribadah dan bersosialisasi antar masyarakat
c. pengajaran
dan pendidikan untuk keluarga kurang mampu
d. tempat
untuk bersembunyi dan berlindng dari serangan penjajah
e. pengajaran
dan pendidikan untuk masyarakat umum
Orang Lain Juga Membuka :
- 35 Soal - Jawaban Kolonialisme dan Imperialisme (Pilgan & Portofolio)
- Soal - Jawaban Tentang Zaman Pra aksara (Manusia Purba)
- 50 Soal Sejarah Organisasi Regional dan Global & Kunci Jawaban
- 30 Soal Sejarah Bab Kerajaan Islam di Sumetera & Kunci Jawaban
- 45 Soal Sejarah : Orde Lama dan Orde Baru & Jawaban
24. Bahasa
dari negara India yang pengaruhnya paling kuat terhadap bahasa di Nusantara
adalah …
a. Pallawa
b. Saka
c. Pali
d. Sansekerta
e. Hindi
25. Ajaran
agama Islam yang masuk dan berkembang di Nusantara adalah mengajarkan …
a. semangat
gotong royong dalam hal kebaikan di lingkungan kelompoknya
b. perbedaan
antara agama Islam dan agama lain
c. kebersamaan
dan mengembangkan toleransi dalam kehidupan beragama
d. kebebasan
dalam berekspresi dan pergaulan
e. kebersamaan
dan kebebasan dalam menikmati kegidupan
26. kegiatan
perdagangan dan pelayaran pada umumnya berlangsung dalam waktu yang lama
sehingga menimbulkan …
a. pergaulan
dan hubungan kebudayaan antara para pedagang satu dan pedagang lain
b. pertengkaran
dan perselisihan antara para pedagang dengan penduduk setempat
c. ketertarikan
penduduk setempat dengan para pedagang mengenai ilmu dagang
d. pergaulan
dan hubungan antara pedagang dan penduduk setempat
e. kecurigaan
penduduk setempat terhadap para pedagang asing
27. Pengaruh
kebudayaan India terhadap kebudayaan nusantara tampak pada kepercayaan
masyarakat, berupa …
a. anggapan
setiap benda mati memiliki roh
b. anggapan
bahwa roh nenek moyang selalu berada di sekelilingnya
c. seni
menciptakan tempat pemujaan
d. cara
bercocok tanam
e. adanya
anggapan bahwa raja sebagai keturunan dewa
28. Di
Asia Tenggara, bandar perdagangan terbesar pada saat itu adalah …
a. Malaka
b. Sunda
Kelapa
c. Aceh
d. Tuban
e. Pasai
29. Pengaruh
kebudayaan Hindu Buddha di nusantara dalam bidang politik adalah …
a. pemilihan
raja didasarkan pada kasta
b. hubungan
penguasa dan rakyat adlalah hubungan manusia dengan dewa
c. pergantian
pimpinan masyarakat didasarkan pada keturunan
d. gelar
yang dipakai pemimpin adalah datuk
e. pemimpin
masyarakat dipilih berdasarkan kastanya
30. Jika
tidak memiliki kesamaan bahasa, persatuan tidak terjadi karena di antara suku
bangsa timbul …
a. perbedaan
kebutuhan dan kebudayaan
b. ketertarikan
menguasai bangsa lain
c. kecurigaan
dan prasangka lain
d. perpecahan
dan peeprangan antarsuku
e. rasa
iri dan ingi menang sendiri
31. Bukti
penggunaan bahasa sansekerta di nusantara dapat dilihat dari …
a. bahasa
sansekerta digunakan sebagai bahasa resmi istana
b. penulisan
prasasti peninggalan kerajaan Hindu Buddha yang menggunakan bahasa sansekerta
c. banyak
naskah kuno yang ditemukan di nusantara berbahasa sansekerta
d. banyak
kitab dari zaman Hindu Buddha yang menggunakan bahasa sansekerta
e. bahasa
sansekerta digunakan sebagai bahasa pengantar
32. Sebelum
agama Hindu dan Budha masuk, penduduk nusantara menggunakan bahasa daerah atau
lokal, yaitu bahasa …
a. sansekerta
dan sidddham
b. prenagari
dan melayu kuno
c. nagari
dan jawa kuno
d. jawa
kuno dan melayu kuno
e. pallawa
dan melayu kuno
33. Pengaruh
Hindu Buddha dalam sistem pemerintahan, salah satunya adalah konsep pendeta
ratu, yang artinya adalah raja …
a. yang
nomor satu di antara sesamanya
b. biasanya
menghormati para Brahmana
c. berasal
dari diangkat dari kepala suku
d. dianggap
sebagai wakil tuhan di dunia
e. merupakan
titisan dewa
34. Berikut
ini yang bukan termasuk bentuk peninggalan sejarah yang becorak Hindu Buddha
adalah …
a. Kaligrafi
b. wayang
c. candi
d. seni
sastra
e. stupa
35. Tradisi
masyarakat nusantara yang dipengaruhi oleh kebudayaan nusantara lama dan
kebudayaan Hindu Buddha adalah …
a. berziarah
b. bertapa
c. memelihara
anak yatim piatu
d. berpuasa
e. menjaga
benda pusaka
36. Letak
nusantara yang strategis memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam bidang
budaya, misalnya yaitu …
a. masyarakat
nusantara mengenal corak arsitektur yang baru seperti candi dan masjid
b. masyarakat
nusantara mulai membentuk kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha
c. pulau-pulau
dinusantara dikunjungi banyak pedagang asing
d. masyarakat
nusantara sering mengalami peperangan antarsesama karena perbedaan keyakinan
e. masyarakat
nusantara mulai membentuk kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha
37. Bangunan
masjid yang menunjukkan unsur budaya nusantara terlihat pada bagian …
a. tempat
imam
b. pintu
gerbang
c. tiang
penyangga
d. atap
tumpang
e. bentuk
fisik
38. Aksara
arab yang digunakan untuk menulis bahasa aceh dan melayu disebut dengan aksara …
a. Hanacaraka
b. Siddham
c. Ajwa
d. Pallawa
e. Pegon
39. Pada
zaman Walisanga, karya sastra yang erat kaitannya dengan masalah agama, yaitu …
a. sajak
b. syair
c. puisi
d. suluk
bonang
e. naskah
drama
40. Karya
sastra yang ditulis oleh Hamzah Fansuri di bawah ini adalah …
a. Lelakon
Mesda Kuminir
b. Hikayat
Cekel Weneng Pati
c. Syair
Perahu
d. Syair
Ken Tumbunan
e. Hikayat
Panji Kuda Sumirang
41. Berikut
ini yang termasuk salah satu tokoh sufi yaitu …
a. Cheng
Ho
b. Raden
Patah
c. Hamzah
Fansuri
d. Raden
Rahmad
e. Syekh
Maulana Malik Ibrahim
42. Penganut
tradisi kebatinan kebanyakan orang adalah …
a. Arab
b. Melayu
c. Sunda
d. Jawa
e. Batak
43. Penggunaan
sesaji dan bunga tabur dalam tradisi ziarah kubur merupakan bentuk akulturasi
antara …
a. tradisi
Buddha dan lokal
b. terdisi
lokal dan hindu
c. tradisi
islam dan lokal
d. tradisi
islam dan Hundu Buddha
e. tradisi
Hindu dan Buddha
44. Berikut
ini adalah contoh perayaan yang menunjukkan adanya percampuran antara unsur
tradisi islam dengan tradisi lokal
a. hari
raya asyuro
b. sekaten
c. hari
raya idul fitri
d. ziarah
kubur
e. hari
raya idul adha
45. Sistem
kalender yang diciptakan sultan agung mengganti bulan muharrom diganti dengan
bulan …
a. Pasa
b. Mulud
c. Sura
d. Besar
e. Sapar
Soal Esai Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru
1. Jelaskan
begaimana proses islamisasi di jawa salah satunya melalui dakwah!
2. Bagaimana
isi pernyataan Martin van Bruinessen tentang pendidikan agama di banten!
3. Jelaskan
bahwa bahasa juga memiliki peran yang strategis dalam proses integrasi di
nusantara!
4. Bagaimana
tradisi religius lokal sebelum kedatangan agama Hindu Buddha maupun Islam!
5. berikan
contoh seni tari yang telah mendapat pengaruh dari Islam!
Demikian latihan soal mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X. Semoga bermanfat bagi para
pembaca. Apabila pembaca belum puas, silahkan baca juga :
Sumber : Buku
Pendamping Sejarah Indonesia karya Utami MS, Solo : CV HaKa MJ
Posting Komentar untuk "Soal Sejarah : UAS Genap Terbaru"
Silahkan berkomentar . .