Soal Sosiologi : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
Soal
sosiologi bab menyusun laporan dan mengkomunikasikan hasil penelitian
yang ada pada artikel di bawah ini tersusun atas beberapa materi sosiologi
SMA/MA, antara lain :
a.
Garis
besar penyusunan laporan
b.
Penyusunan
laporan hasil penelitian
c.
Rumusan
simpulan dan saran
d.
Diskusi
kelas (menyajikan laporan)
e.
Pelaksanaan
diskusi panel
Ada
beberapa jenis soal yang bisa pembaca pilih dalam artikel kali ini, yaitu soal
pilihan ganda (multiple choice), soal esai atau uraian, soal tugas, dan soal
portofolio. Berikut ini soal sosiologi tentang penyusunan laporan keuangan dan
mengkomunikasikan hasil penelitian.
Soal Pilihan Ganda : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
1.
Susunan
laporan penelitian yang baik dan benar pada bab pendahuluan yaitu ....
a.
hasil
penelitian, metodologi penelitian, serta pembahasan hasil penelitian
b.
tinjauan
pustaka, metodologi penelitian, hasil penelitian, pembahasan penelitian, simpulan
serta saran
c.
hasil
penelitian, simpulan, serta saran
d.
tinjauan
pustaka serta hasil penelitian
e.
tinjauan
pustaka serta hasil penelitian
2.
Bab
(bagian) metodologi pada laporan hasil penelitian berisi ....
a.
metode
pengolahan dan analisis data
b.
subjek
atau objek penelitian
c.
instrumen
pengumpulan data dan model penelitian
d.
teknik
pengumpulan data
e.
semua
benar
3.
Saran-saran
dalam laporan penelitian harus merupakan ....
a.
usulan
yang perlu dilengkapi dalam penelitian selanjutnya
b.
usulan
peneliti untuk mengatasi masalah yang tertuang dalam kesimpulan
c.
usulan
agar masalah penelitian itu diakui
d.
pengalaman
peneliti di lapangan
e.
semua
salah
4.
Yang
bukan merupakan manfaat yang ingin dihasilkan dalam penyampaian laporan
penelitian melalui diskusi yaitu ....
a.
mengembangkan
motivasi peserta untuk lebih mendalami dan memecahkan masalah yang dihadapi
b.
melatih
kemampuan peserta
c.
membantu
peserta menilai kemampuan peneliti atau penulis
d.
memperoleh
umpan balik dari peserta untuk mengetahui apakah laporan sudah mencapai
sasarannya
e.
mencari
kelemahan penelitian pada waktu melakukan penelitiannya
5.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam editing adalah ....
a.
tulisan,
kelengkapan isian, makna jawaban, kesesuaian, ilustrasi, dan dokumentasi
b.
tulisan,
kelengkapan isian, makna jawaban, relevansi jawaban, kesesuaian, dan
keseragaman
c.
kesesuaian,
ilustrasi, catatan situasi responden, keseragaman jawaban, dan catatan harian
d.
bahasa,
ilustrasi, isian, makna data, hubungan antar-hal, dan keseragaman jawaban
e.
dokumentasi,
catatan harian, isian, makna data, dan hubungan antar data
6.
Pihak-pihak
yang diperlukan dalam diskusi laporan ilmiah ialah ....
a.
semua
benar
b.
penyaji
laporan hasil penelitian
c.
ketua
dan sekretaris/notulen
d.
peserta
diskusi
e.
pembimbing
7.
Penyaji
laporan hasil penelitian berperan sebagai ....
a.
pemimpin
diskusi
b.
penyaji
(pemapar) hasil penelitian
c.
pendengar
peserta melakukan diskusi atas laporan penelitian
d.
penyanggah
laporan
e.
mengarahkan
jalannya diskusi
8.
Peranan
seorang ketua dalam diskusi tentang laporan hasil penelitian ialah ....
a.
menjawab
setiap pertanyaan dalam diskusi
b.
mencatat
hasil-hasil diskusi
c.
mengarahkan
dan mendorong jalannya diskusi
d.
melaporkan
bahan yang akan didiskusikan
e.
mengajukan
pertanyaan kepada forum diskusi
9.
Batasan
konsep mengandung rumusan yang bersifat operasional. Istilah operasional di
sini berarti ....
a.
semua
salah
b.
tidak
abstrak dan dapat diukur secara empirik
c.
mempunyai
pengertian yang jelas
d.
dapat
digunakan sesuai dengan kebutuhan
e.
maksud
dan tujuan dari variabel penelitian
10.
Pertimbangan
memilih masalah menjadi topik penelitian ialah ....
a.
masalah
sumber konflik
b.
masalah
mempunyai arti penting bagi ilmu pengetahuan/kehidupan sehari-hari
c.
masalah
memiliki daya tarik yang kuat bagi peneliti dan masyarakat
d.
masalah
memungkinkan untuk diteliti
e.
kesimpulan
hasil penelitian dapat digeneralisasikan
Soal Esai / Uraian : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
1.
Jelaskan
bagaimana hubungan kesimpulan dengan permasalahan!
2.
Jelaskan
perbedaan judul dengan masalah penelitian!
3.
Sebutkan
peranan dan tugas seorang pembimbing diskusi laporan penelitian!
4.
Sebutkan
manfaat yang dapat diperoleh dari diskusi laporan penelitian!
5.
Jika
Anda sebagai penyaji laporan, jelaskan yang Anda lakukan jika Anda tidak mampu
menjawab pertanyaan peserta diskusi!
6.
Sebutkan
hal-hal yang ada dalam bab metodologi penelitian beserta fungsinya!
7.
Jelaskan
sebab laporan hasil penelitian perlu didiskusikan!
8.
Sebutkan
hal-hal yang diuraikan dalam studi kepustakaan!
9.
Sebutkan
kesalahan yang dapat terjadi dalam penulisan laporan penelitian
10.
Sebutkan
peranan setiap unsur-unsur yang terlibat dalam diskusi laporan hasil
penelitian!
Soal Tugas : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
Tugas I
Buatlah
program pelaksanaan diskusi yang membahas tentang laporan hasil penelitian yang
berisi : latar belakang, tujuan dan maksud, penyelenggara, unsur-unsur teknis,
waktu serta tempat penyelenggaraan, dan lain-lain!
Tugas II
Para
siswa ditugaskan melakukan penelitian sosiologi mengenai masalah-masalah sosial
di masyarakat!
1.
Penelitian
dilakukan oleh siswa sesuai dengan materi pelajaran yang sudah dibahas!
2.
Sasaran
atau objeknya yaitu masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar!
Tugas III
1.
Sebelum
melakukan penelitian buatlah rancangan penelitian sebagai persiapan!
2.
Lakukan
penelitian sesuai dengan rancangan yang telah dipersiapkan!
3.
Laporan
penelitian disusun sesuai dengan hasil pengumpulan data lapangan!
4.
Diskusikan
laporan hasil penelitian di depan kelas!
Tugas IV
Jelaskan istilah-istilah
di abwah ini!Indeks
1.
Diskusi
panel
2.
The
social problem meeting
3.
Moderator
4.
Pemakalah
Soal Portofolio : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
1.
Ambillah
artikel dari majalah atau koran dengan tema merancang metode penelitian,
melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian!
2.
Bagilah
kelas Anda menjadi tiga kelompok, dimana tiap-tiap kelompok membuat satu bagian
portofolio!
3.
Adapun
tugas tiap-tiap kelompok yaitu membicarakan atau menjawab pertanyaan di abwah
ini!
Kelompok I
a.
Apakah
perbedaan batasan konsep dengan rumusan masalah pada penelitian? Berikan
contohnya!
b.
Kapan
dilakukan penelitian sampel dan populasi?
c.
Jelaskan
penelitian kualitatif, apa perbedaaanya dengan penelitiankah kuantitatif?
d.
Jelaskan
pemilihan sampel dan rumusan hipotesis dalam penelitian yang tepat!
e.
Batasan
konsep memuat rumusan yang bersifat operasional. Jelaskan!
f.
Mengapa
data primer sifatnya lebih pasti dibandingkan dengan data sekunder?
Kelompok II
a.
Carilah
suatu permasalahan sosial yang menarik untuk diteliti!
b.
Jelaskan
latar belakang yang mendukung mengapa masalah tersebut relevan untuk dijadikan sebagai
topik penelitian.
Kelompok III
a.
Sebutkan
prosedur dalam penulisan laporan!
b.
Sebutkan
aturan dalam penulisan laporan!
c.
Sebutkan
3 bentuk diskusi dalam penyampaian laporan
d.
Bandingkan
isi penulisan pada bagian simpulan dan saran!
4.
Diskusikanlah
hasil laporan kelompok I, II, dan III di depan kelas!
5.
Serahkanlah
hasil diskusi kelas dan portofolio kepada guru untuk dinilai!
Soal
sosiologi tentang menyusun laporan dan mengkomunikasikan atau melaporkan
penelitian telah kami sampaikan kepada pembaca. Silahkan buka soal lain yang
ada di bawah ini.
Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian "
Silahkan berkomentar . .