40 Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem) + Jawaban
Contoh latihan soal kelas 5 SD MI tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) dan kunci jawaban, kurikulum 2013 revisi. Masih pada pembelajaran kelas 5 SD MI, kali ini kami akan membagikan soal tematik SD yaitu kelas 5 SD MI. Dalam beberapa artikel kami yang lain, telah disebutkan bahwa pembelajaran tematik merupakan pembelajaran mengintegrasi beberapa mata pelajaran menjadi satu. Jadi, siswa lebih dapat memahami materi dengan maksimal.
Adapun tema yang kami ambil untuk kami sampaikan latihan soalnya yaitu tema 5 subtema 3 pembelajaran 1-2. Nah, tema 5 sendiri yaitu tentang ekosistem, sedangkan subtema 3 itu mengkaji tentang keseimbangan ekosistem. Apa itu keseimbangan ekosistem? Keseimbangan ekosistem merupakan suatu kondisi yang mana terjadi interaksi antara komponen-komponen di dalamnya berlangsung secara harmonis dan seimbang.
Dalam soal yang ada pada artikel ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis, antara lain soal pilihan ganda/ pilgan, soal essay/ esai, dan soal uraian. Total soal yang kami sampaikan dalam artikel ini yaitu sekitar 40 soal. Ya lumayan lah jika anda ingin menggunakan latihan soal ini untuk kepentingan evaluasi kompetensi dasar, mulai dari Ulangan Harian, UTS, hingga UAS.
Latihan soal kelas 5 tema 5 ini sudah kami lengkapi dengan kunci jawaban/ pembahasan soal yang sudah kami lampirkan pada akhir artikel. Ya semoga saja dapat membantu para pembaca dalam menjawab pertanyaan tentang ekosistem ini. Jika anda menjumpai ada kunci jawaban yang salah pada lampiran ini, mohon masukkan nomor soal yang salah pada kolom komentar. Akan kami revisi secepatnya.
LINK DOWNLOAD sudah kami lampirkan di bawah ini, jika mungkin ada pembaca yang ingin menyimpan file soal tema 5 tentang ekosistem ini. Klik saja tombol yang ada di bawah artikel, makan anda akan diarahkan menuju ke halaman download soal. Semoga saja tidak ada yang eror.
Demikian pengantar dari kami terkait soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) pembelajaran 1-2. Semoga saja artikel yang kami bagikan ini dapat memberikan manfaat bagi pendidikan di Indonesia pada umumnya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini latihan soalnya. Semoga sukses ya…
1. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kesatu adalah …
A. Perubahan yang tiba-tiba akan berdampak terhadap kerusakan
B. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Alam senantiasa mengalami perubahan
D. Jika salah satu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu
2. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf ketiga yaitu …
A. Setiap mahkluk hidup di alam juga akan berubah
B. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu hewan pemangsanya
C. Jika salah satu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu
D. Pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
3. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kedua adalah …
A. Pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
B. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu hewan pemangsanya
D. Jika salah salu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu
4. Kesimpulan dari teks bacaan diatas berisi tentang …
A. Hilangnya sebagian konsumen
B. Faktor penyebab rusaknya ekosistem
C. Rantai makanan dan perubahannya
D. Perubahan dalam jaring jaring makanan
5. Berikut ini merupakan kosakata baku, kecuali …
A. Rantai
B. Global
C. Mahkluk
D. Paktor
6. Berikut ini kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan perubahan jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Menebang pohon secara liar
B. Mombuang sampah ke sungai
C. Menggunakan pupuk pestisida secara berlebihan
D. Melakukan reboisasi
7. Berikut ini merupakan dampak yang paling besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan adalah …
A. Pemanasan global dan bencana alam
B. Kebakaran dan pemanasan global
C. Pencemaran lingkungan dan lanah longsor
D. Pencemaran lingkungan dan pemanasan global
8. Jawaban perubahan yang tiba tiba, bahkan yang memberikan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Pertanyaan yang tepat untuk jawaban di atas adalah …
A. Bagaimana cara agar jaring-jaring makanan tetap terjaga?
B. Bagaimana proses terjadinya jaring-jaring makanan?
C. Apa yang menyebabkan jaring-jaring makanan terganggu?
D. Mengapa konsumenI mempengaruhi konsumen 1?
9. Berikut ini yang menjadi penyebab tergangunya jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Pemanasan global
B. Kebakaran
C. Bencana alam
D. Reboisasi
10. Tari Merak berasal dari daerah …
A. Bali
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Jawa Barat
11. Sepasang sayap merak yang indah yang dipasang di tangan pada property tari merak terbuat dari bahan …
A. kayu
B. kain
C. bulu
D. besi
12. Gambar yang tertera menceritakan tentang tarian …
A. Tari kecak
B. Tari merak
C. Tari kijang
D. Tari Jaipong
13. Properti yang digunakan pada tari merak adalah …
A. piring
B. payung
C. keris
D. selendang
14. Perhatikan gambar berikut!
Gambar antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis …
A. patriotisme
B. mutualisme
C. komensalisme
D. parasitisme
15. Berikut ini merupakan sumber energi pada tumbuhan adalah …
A. Angin
B. Tumbuhan lain
C. Hewan
D. Matahari
16. Tari merak memiliki sifat …
A. Melankolis
B. Gagah
C. Sedih
D. Ceria
17. Lagu pengiring tari merak adalah …
A. Macan ucul
B. Ketuk Tilu
C. Jaipongan
D. Gendingan
18. Sapi termasuk salah satu jenis hewan pemakan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan disebut …
A. posvora
B. omnivora
C. herbivora
D. karnivora
19. Mahkluk hidup yang memakan makanan tanpa bisa membual sendiri disebut …
A. rantai makanan
B. konsumen
C. produsen
D. pengurai
20. Simbiosis yang terjadi antara dua organisme dibagi menjadi 3 yaitu …
A. parasitisme, fanasitisme, komensalisme
B. mutualisme, fanatisme, komensalisme
C. mutualisme, komensalisme, patriotisme
D. parasitisme, mutualisme, komensalisme
21. Sumber energi pada hewan adalah …
A. Matahari dan tumbuhan
B. Hewan dan matahari
C. Tumbuhan dan bunga
D. Tumbuhan dan hewan
22. Kumpulan dari beberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem disebut …
A. proses memperoleh makanan
B. jaring-jaring makanan
C. rantai makanan
D. siklus daur makanan
23. Edo membeli seekor kucing untuk dijadikan hewan peliharaan. Edo merupakan …
A. konsumsi
B. konsumen
C. produsen
D. produksi
24. Konsumen yang berburu makanan disebut …
A. konsumen
B. produsen
C. pemangsa
D. pengurai
25. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai rantai makanan, kecuali …
A. konsumen membuat makanan sendiri
B. produsen membual makanan sendiri
C. konsumen memakan produsen
D. produsen melepas energi kepada konsumen
2. Mahkluk hidup yang membuat makanan sendiri disebut …
3. Hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen disebut …
4. Orang yang memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan disebut …
5. Seseorang yang memakai barang atau jasa yang tersedia baik bagi kepentingan sendiri ataupun orang lain disebut ...
6. Tarian yang menceritakan tentang gerak-gerik burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina dinamakan …
7. Pakaian yang biasa digunakan untuk penari disebut …
8. Kata-kata yang sesuai dengan kaidah yang dinakukan berupa ejaan, tata bahasa baik secara penulisan maupun pengucapan disebut …
9. Kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang biasanya berbentuk bahasa tutur atau bahasa percakapan sehari-hari disebut …
10. Kata "apotek" merupakan bahasa serapan dari Belanda. Kosakata tidak bakunya adalah …
2. Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?
3. Apa yang dimaksud dengan kosakata?
4. Sebutkan beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem?
5. Mengapa dalam tarian harus ada property tari?
6. Sebutkan ciri-ciri ide pokok dalam sebuah paragraf?
1. Makanan dan sumber energi lain
2. Produsen
3. Rantai makanan
4. Produsen
5. Konsumen
6. Tari merak
7. Busana tari
8. Kosakata baku
9. Kosakata tidak baku
10. Apotik
Jawaban Soal Uraian
1. Hubungan dengan keduanya saling menguntungkan seperti antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis mutualisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya tidak untung dan tidak rugi seperti antara bunga anggrak dan inangnya merupakan salah satu simbiosis komensalisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya rugi seperti antara bunga benalu dan inangnya merupakan salah satu simbiosis parasitisme.
2. Rantai makanan adalah hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Sedangkan jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari beberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem.
3. Kosakata adalah perbendahaaran kata atau himpunan kata yang dimiliki seseorang sebagai gambaran tingkat intelejensia.
4. Membuang sampah ke sungai, melakukan penebangan pohon secara liar, menggunakan pestisida berlebihan.
5. Sebagal kelengkapan dalam menari dan salah satu ciri khas pada tarian.
6. Berupa pikiran utama, mengandung pokok persoalan, letak ide pokok terdapat di awal paragraf, akhir paragraf, dituangkan dalam satu kalimat yang disebut kalimat utama.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 6 D 11 B 16 D 21 D
2 C 7 D 12 B 17 A 22 B
3 B 8 C 13 D 18 C 23 B
4 D 9 D 14 B 19 B 24 C
5 D 10 D 15 D 20 D 25 A
Orang lain juga membuka :
1. 40 Soal Kelas 5 Tema 5 (Ekosistem) & Jawaban (Pilgan, Esai, Uraian)
2. 40 Soal Tema 5 Kelas 5 dan Kunci Jawaban (Ekosistem) Revisi
Demikian contoh latihan soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) yang terdiri dari soal pilihan ganda, esay, dan uraian beserta kunci jawaban kurikulum 2013 revisi. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini jika ada pembaca yang ingin mendownload soal tematik SD MI kelas 5.
Adapun tema yang kami ambil untuk kami sampaikan latihan soalnya yaitu tema 5 subtema 3 pembelajaran 1-2. Nah, tema 5 sendiri yaitu tentang ekosistem, sedangkan subtema 3 itu mengkaji tentang keseimbangan ekosistem. Apa itu keseimbangan ekosistem? Keseimbangan ekosistem merupakan suatu kondisi yang mana terjadi interaksi antara komponen-komponen di dalamnya berlangsung secara harmonis dan seimbang.
Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 dan Kunci Jawaban
Dalam subtema 3 ini, terdapat 6 kali pembelajaran. Adapun pembelajaran yang kami sampaikan latihan soalnya yaitu pembelajaran 1-2. Jika anda menghendaki untuk membuka soal pembelajaran yang lain, silahkan buka : Soal subtema 3 pembelajaran 3-4, dan Soal subtema 3 pembelajaran 5-6.Dalam soal yang ada pada artikel ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis, antara lain soal pilihan ganda/ pilgan, soal essay/ esai, dan soal uraian. Total soal yang kami sampaikan dalam artikel ini yaitu sekitar 40 soal. Ya lumayan lah jika anda ingin menggunakan latihan soal ini untuk kepentingan evaluasi kompetensi dasar, mulai dari Ulangan Harian, UTS, hingga UAS.
Latihan soal kelas 5 tema 5 ini sudah kami lengkapi dengan kunci jawaban/ pembahasan soal yang sudah kami lampirkan pada akhir artikel. Ya semoga saja dapat membantu para pembaca dalam menjawab pertanyaan tentang ekosistem ini. Jika anda menjumpai ada kunci jawaban yang salah pada lampiran ini, mohon masukkan nomor soal yang salah pada kolom komentar. Akan kami revisi secepatnya.
LINK DOWNLOAD sudah kami lampirkan di bawah ini, jika mungkin ada pembaca yang ingin menyimpan file soal tema 5 tentang ekosistem ini. Klik saja tombol yang ada di bawah artikel, makan anda akan diarahkan menuju ke halaman download soal. Semoga saja tidak ada yang eror.
Demikian pengantar dari kami terkait soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) pembelajaran 1-2. Semoga saja artikel yang kami bagikan ini dapat memberikan manfaat bagi pendidikan di Indonesia pada umumnya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini latihan soalnya. Semoga sukses ya…
Soal Pilihan Ganda Tema 5 Kelas 5 Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
Bacalah teks bacaan berikut untuk soal nomor 1-3
Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan
Alam senantiasa berubah. Setiap makhluk hidup di alam juga akan berubah. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah bagian yang lain. Pada musim hujan, ketika tumbuhan tumbuh subur, tanaman padi pun tumbuh subur. Meningkatnya jumlah tanaman padi pada ekosistem sawah akan meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi, misalnya tikus sawah. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan jumlah salah satu hewan pemangsanya, yaitu ular sawah. Ular sawah adalah mangsa dari hewan yang lain, misal burung elang. Oleh karena itu, jumlah populasi burung elang pada ekosistem sawah tersebut akan meningkat dan demikian seterusnya.
Rantai makanan sebagai bagian jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama makhluk hidup penyusunnya ada. Jika salah satu dari penyusun rantai makanan tersebut tidak ada, karena berbagai faktor, penyusun rantai makanan lain akan terganggu. Jika tidak ada padi, tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan. Rantai makanan itu akan terganggu dan merugikan apabila ular sawah yang seharusnya memangsa tikus sawah ternyata memangsa hewan lain, misal anak ayam yang dipelihara manusia.
Jika salah satu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu. Perubahan-perubahan yang bersifat alami dan menjadi bagian dari daur kehidupan di dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan yang berarti. Hal itu disebabkan perubahan-perubahan tersebut berlangsung lambat. Perubahan yang tiba-tiba, bahkan yang memberikan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Bencana alam, pencemaran lingkungan, kebakaran, atau bahkan pemanasan global, biasanya akan mengakibatkan terganggunya jaring-jaring makanan. Di antara perubahan-perubahan tersebut, pencemaran lingkungan dan pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan pada jarring-jaring makanan.
1. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kesatu adalah …
A. Perubahan yang tiba-tiba akan berdampak terhadap kerusakan
B. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Alam senantiasa mengalami perubahan
D. Jika salah satu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu
2. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf ketiga yaitu …
A. Setiap mahkluk hidup di alam juga akan berubah
B. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu hewan pemangsanya
C. Jika salah satu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu
D. Pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
3. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kedua adalah …
A. Pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
B. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu hewan pemangsanya
D. Jika salah salu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu
4. Kesimpulan dari teks bacaan diatas berisi tentang …
A. Hilangnya sebagian konsumen
B. Faktor penyebab rusaknya ekosistem
C. Rantai makanan dan perubahannya
D. Perubahan dalam jaring jaring makanan
5. Berikut ini merupakan kosakata baku, kecuali …
A. Rantai
B. Global
C. Mahkluk
D. Paktor
6. Berikut ini kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan perubahan jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Menebang pohon secara liar
B. Mombuang sampah ke sungai
C. Menggunakan pupuk pestisida secara berlebihan
D. Melakukan reboisasi
7. Berikut ini merupakan dampak yang paling besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan adalah …
A. Pemanasan global dan bencana alam
B. Kebakaran dan pemanasan global
C. Pencemaran lingkungan dan lanah longsor
D. Pencemaran lingkungan dan pemanasan global
8. Jawaban perubahan yang tiba tiba, bahkan yang memberikan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Pertanyaan yang tepat untuk jawaban di atas adalah …
A. Bagaimana cara agar jaring-jaring makanan tetap terjaga?
B. Bagaimana proses terjadinya jaring-jaring makanan?
C. Apa yang menyebabkan jaring-jaring makanan terganggu?
D. Mengapa konsumenI mempengaruhi konsumen 1?
9. Berikut ini yang menjadi penyebab tergangunya jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Pemanasan global
B. Kebakaran
C. Bencana alam
D. Reboisasi
10. Tari Merak berasal dari daerah …
A. Bali
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Jawa Barat
11. Sepasang sayap merak yang indah yang dipasang di tangan pada property tari merak terbuat dari bahan …
A. kayu
B. kain
C. bulu
D. besi
12. Gambar yang tertera menceritakan tentang tarian …
A. Tari kecak
B. Tari merak
C. Tari kijang
D. Tari Jaipong
13. Properti yang digunakan pada tari merak adalah …
A. piring
B. payung
C. keris
D. selendang
14. Perhatikan gambar berikut!
Gambar antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis …
A. patriotisme
B. mutualisme
C. komensalisme
D. parasitisme
15. Berikut ini merupakan sumber energi pada tumbuhan adalah …
A. Angin
B. Tumbuhan lain
C. Hewan
D. Matahari
16. Tari merak memiliki sifat …
A. Melankolis
B. Gagah
C. Sedih
D. Ceria
17. Lagu pengiring tari merak adalah …
A. Macan ucul
B. Ketuk Tilu
C. Jaipongan
D. Gendingan
18. Sapi termasuk salah satu jenis hewan pemakan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan disebut …
A. posvora
B. omnivora
C. herbivora
D. karnivora
19. Mahkluk hidup yang memakan makanan tanpa bisa membual sendiri disebut …
A. rantai makanan
B. konsumen
C. produsen
D. pengurai
20. Simbiosis yang terjadi antara dua organisme dibagi menjadi 3 yaitu …
A. parasitisme, fanasitisme, komensalisme
B. mutualisme, fanatisme, komensalisme
C. mutualisme, komensalisme, patriotisme
D. parasitisme, mutualisme, komensalisme
21. Sumber energi pada hewan adalah …
A. Matahari dan tumbuhan
B. Hewan dan matahari
C. Tumbuhan dan bunga
D. Tumbuhan dan hewan
22. Kumpulan dari beberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem disebut …
A. proses memperoleh makanan
B. jaring-jaring makanan
C. rantai makanan
D. siklus daur makanan
23. Edo membeli seekor kucing untuk dijadikan hewan peliharaan. Edo merupakan …
A. konsumsi
B. konsumen
C. produsen
D. produksi
24. Konsumen yang berburu makanan disebut …
A. konsumen
B. produsen
C. pemangsa
D. pengurai
25. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai rantai makanan, kecuali …
A. konsumen membuat makanan sendiri
B. produsen membual makanan sendiri
C. konsumen memakan produsen
D. produsen melepas energi kepada konsumen
Soal Essay/ Esai Kelas 5 Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
1. Salah satu faktor penting terjadinya saling kebergantungan antarmakhluk hidup adalah ...2. Mahkluk hidup yang membuat makanan sendiri disebut …
3. Hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen disebut …
4. Orang yang memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan disebut …
5. Seseorang yang memakai barang atau jasa yang tersedia baik bagi kepentingan sendiri ataupun orang lain disebut ...
6. Tarian yang menceritakan tentang gerak-gerik burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina dinamakan …
7. Pakaian yang biasa digunakan untuk penari disebut …
8. Kata-kata yang sesuai dengan kaidah yang dinakukan berupa ejaan, tata bahasa baik secara penulisan maupun pengucapan disebut …
9. Kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang biasanya berbentuk bahasa tutur atau bahasa percakapan sehari-hari disebut …
10. Kata "apotek" merupakan bahasa serapan dari Belanda. Kosakata tidak bakunya adalah …
Soal Uraian Tema 5 (Ekosistem) Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
1. Apa perbedaan antara simbiosis komensalisme, parasitisme dan mutualisme?2. Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?
3. Apa yang dimaksud dengan kosakata?
4. Sebutkan beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem?
5. Mengapa dalam tarian harus ada property tari?
6. Sebutkan ciri-ciri ide pokok dalam sebuah paragraf?
Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
Jawaban Soal Essay1. Makanan dan sumber energi lain
2. Produsen
3. Rantai makanan
4. Produsen
5. Konsumen
6. Tari merak
7. Busana tari
8. Kosakata baku
9. Kosakata tidak baku
10. Apotik
Jawaban Soal Uraian
1. Hubungan dengan keduanya saling menguntungkan seperti antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis mutualisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya tidak untung dan tidak rugi seperti antara bunga anggrak dan inangnya merupakan salah satu simbiosis komensalisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya rugi seperti antara bunga benalu dan inangnya merupakan salah satu simbiosis parasitisme.
2. Rantai makanan adalah hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Sedangkan jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari beberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem.
3. Kosakata adalah perbendahaaran kata atau himpunan kata yang dimiliki seseorang sebagai gambaran tingkat intelejensia.
4. Membuang sampah ke sungai, melakukan penebangan pohon secara liar, menggunakan pestisida berlebihan.
5. Sebagal kelengkapan dalam menari dan salah satu ciri khas pada tarian.
6. Berupa pikiran utama, mengandung pokok persoalan, letak ide pokok terdapat di awal paragraf, akhir paragraf, dituangkan dalam satu kalimat yang disebut kalimat utama.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 6 D 11 B 16 D 21 D
2 C 7 D 12 B 17 A 22 B
3 B 8 C 13 D 18 C 23 B
4 D 9 D 14 B 19 B 24 C
5 D 10 D 15 D 20 D 25 A
Orang lain juga membuka :
1. 40 Soal Kelas 5 Tema 5 (Ekosistem) & Jawaban (Pilgan, Esai, Uraian)
2. 40 Soal Tema 5 Kelas 5 dan Kunci Jawaban (Ekosistem) Revisi
Demikian contoh latihan soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) yang terdiri dari soal pilihan ganda, esay, dan uraian beserta kunci jawaban kurikulum 2013 revisi. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini jika ada pembaca yang ingin mendownload soal tematik SD MI kelas 5.
Kok ngak sama ama soal gue ya
BalasHapus