45 Soal Manajemen Pemasaran Pilihan Ganda & Jawaban (Marketing)
Contoh soal pilihan ganda manajemen pemasaran (marketing) dan kunci jawaban. Sesuai dengan judul di atas, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu latihan soal tentang pemasaran (marketing), yaitu manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran merupakan salah satu materi yang umumnya dipelajari pada mata pelajaran bidang ekonomi.
Biasanya untuk level SMA tidak begitu mendalam, yaitu khusus terkait manajemen pemasaran saja. Namun, mungkin untuk SMK yang berada dalam kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), kelihatannya manajemen pemasaran dipelajari secara detail. Apalagi jika masuk ke Universitas atau Perguruan Tinggi. Tentu lebih dalam lagi, aspek yang dipelajari.
Terkait dengan manajemen pemasaran, dalam hal ini adalah latihan soal yang kami bagikan ini, terdiri dari beberapa materi pokok, antara lain pengertian manajemen pemasaran, konsep pemasaran, istilah penting dalam konteks pemasaran, perencanaan strategi pemasaran, tahap perkembangan manajemen pemasaran, fungsi manajemen pemasaran, tujuan manajemen pemasaran, dan tujuan manajemen pemasaran dari segi jangka waktu.
Tentu saja biasanya agar lebih efektif, maka para pelajar akan diberi soal kasus manajemen pemasaran yang kemudian dianalisis untuk diketahui penyelesaiannya. Namun, untuk kali ini, kami hanya bisa memberikan soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Meskipun hanya satu jenis soal, semoga saja dengan jumlah soal yang cukup banyak, yaitu ada 45 soal manajemen pemasaran, dapat menutupi kekurangan kami dalam penyampaian soal manajemen pemasaran.
Anda tidak perlu risau terkait tata cara pengerjaan soal marketing ini. Kami sudah menyediakan kunci jawaban/ pembahasan soalnya kok. Jika anda pemasaran, silahkan lihat pada akhir artikel. Maka anda akan menjumpai kunci jawabannya. Namun, meskipun begitu, tolong kunci jawaban ini jangan anda terima mentah-mentah ya. Tolong koreksi juga, siapa tahu, ada kunci jawaban yang salah. Jika anda menjumpai ada kunci jawaban yang salah, mohon untuk menghubungi kami melalui kolom komentar.
LINK DOWNLOAD soal juga sudah kami sediakan kok. Semoga saja latihan soal manajemen pemasaran ini dapat dianggap lengkap ya. Sudah ada soalnnya, ada kunci jawabannya, dan ada juga link download soalnya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini contoh latihan soal manajemen pemasaran.
a. Mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan
b. Mengurangi kerugian finansial dari produk lain
c. Memastikan keberhasilan suatu produk baru di masa mendatang
d. Menghindari pemutusan hubungan kerja karyawan
2. Kegiatan di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari tahap pengembangan dan pengujian dalam tahap pengembangan produk baru yaitu …
a. Pengujian tentang konsep produk
b. Penilaian laboratorium
c. Pengujian konsep
d. Tes kesukaan konsumen
3. Elektronik, pakaian, dan perabot rumah tangga adalah beberapa contoh dari produk ….
a. Industrial
b. Shopping
c. Konvenien
d. Spesial
4. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh produk yang benar-benar baru dan tidak ada produk substitusinya yaitu ....
a. Ponsel dengan fitur koneksi internet
b. Alat penyimpan data berupa flashdisk yang sekaligus dapat memutar lagu
c. Obat kanker
d. Mobil model tahun yang akan datang
5. Sekelompok produk yang mampu memuaskan segolongan kebutuhan tertentu disebut …
a. Lini produk
b. Daur hidup merek
c. Bauran produk
d. Product item
6. Salah satu alasan perusahaan menggunakan strategi profil tinggi dalam tahap perkenalan yaitu …
a. Perusahaan menghadapi pesaing-pesaing potensial
b. Pasarnya sangat luas
c. Perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
d. Mereka yang menginginkan produk tersebut bersedia membayar pada harga yang tinggi
7. Faktor demografis pribadi berikut ini yang bisa digunakan untuk mensegmentasikan pasar konsumen adalah …
a. Kelas sosial
b. Jenis kelamin
c. Biaya hidup
d. Kepribadian
8. Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah strategi ....
a. Bauran pemasaran
b. Konsentrasi segmen ganda
c. Konsentrasi segmen tunggal
d. Memasuki pasar
9. Apabila kita membeli barang atau jasa untuk dijual kembali supaya memperoleh laba, maka kita tergolong dalam kelompok....
a. Pasar pemerintah
b. Pasar bisnis
c. Pasar internasional
d. Pasar penjual
10. Salah satu persyaratan yang harus dipertimbangkan untuk menunjang usaha mensegmentasikan pasar secara efektif yaitu …
a. Jenis industri
b. Segmen pasar yang cukup luas
c. Bahasa yang digunakan
d. Pola pertumbuhan
11. Apabila perusahaan menawarkan jenis barang konvenien, maka distribusi yang dapat digunakan yaitu distribusi ....
a. Ekstensif
b. Intensif
c. Selektif
d. Eksklusif
12. Dalam komunikasi pemasaran, kegiatan pengiriman pesan berupa iklan dinamakan ....
a. Sender
b. Decoding
c. Encoding
d. Feedback
13. Proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berkomunikasi dengan berbagai macam pihak dengan cara menyajikan, mengembangkan, dan mengevaluasi sejumlah pesan kepada berbagai pihak stakeholder merupakan maksud dari ....
a. Komunikasi antar-perorangan
b. Pemasaran keterhubungan
c. Komunikasi massa
d. Komunikasi pemasaran
14. Salah satu tahapan dimana pembeli mengambil sebuah keputusan untuk menerima atau menolak produk yang sudah dicoba, dalam proses adopsi dinamakan tahap ....
a. Adopsi
b. Evaluasi
c. Kesadaran
d. Percobaan
15. Salah satu kegiatan dalam promosi penjualan dinamakan …
a. Konfrensi pers dan lobi
b. Telemarketing/ kampanye melalui telepon
c. Komunikasi melalui media massa
d. Pertunjukan/ Peragaan
16. Salah satu bentuk presentasi dan promosi non pribadi mengenai ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu dinamakan ....
a. Promosi penjualan
b. Periklanan
c. Penjualan tatap muka
d. Publisitas
17. Berikut ini yang merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh humas yaitu …
a. Komunikasi lobying, korporat, dan konfrensi pers
b. Kampanye melalui surat, telepon, e-mail, fax, dan alat non-pribadi lainnya
c. Penyebaran informasi menggunakan media massa seperti: televisi, radio, papan luar ruang atau baliho,surat-kabar, majalah,
d. Electronic shopping melalui katalog komputer yang on-line dari rumah ke toko
18. Penyusunan anggaran periklanan untuk produk baru dengan memperhatikan faktor probabilitas dalam setiap keputusan agar produk tersebut tercapai kondisi yang optimal dapat menggunakan metode....
a. Subyektif
b. Bayesian
c. Matematis
d. Tugas
19. Tahap pertama yang perlu dilakukan manajemen dalam proses perencanaan strategis yaitu ....
a. Menganalisis situasi bisnis
b. Mengevaluasi hasil
c. Memilih strategi dan taktik
d. Menetapkan tujuan
20. Mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, memilih pelanggan sasaran, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....
a. Sasaran
b. Strategi
c. Taktik
d. Tujuan
21. Salah satu contoh peluang barang atau jasa yang bisa ditawarkan pemasar kepada tahap keluarga sarang penuh I yaitu …
a. Barang-barang mewah dan perbaikan rumah
b. Makanan bayi dan mainan anak-anak.
c. Lemari es dan kompor
d. Tabungan dan pelajaran musik
22. Tahapan yang akan langsung dilakukan konsumen setelah meraka mencari informasi dalam proses pengambilan keputusan yaitu …
a. Mengevaluasi pasca beli
b. Menentukan kebutuhan dan keinginan
c. Mengevaluasi berbagai alternatif
d. Membuat keputusan beli
23. Dalam daur hidup produk, pertumbuhan volume penjualan mulai melambat, dan berada dalam kondisi stabil sebelum akhirnya menurun adalah deskripsi produk yang berada pada tahap ....
a. Pertumbuhan
b. Penurunan
c. Kedewasaan
d. Perkenalan
24. Produk yang memiliki daya penarik rendah, namun mampu memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang adalah pengertian produk ....
a. Bermanfaat
b. Spesial
c. Sangat diperlukan
d. Shopping
25. Salah satu cara dalam melakukan modifikasi pasar yaitu …
a. Mencari pembeli baru dan segmen pasar baru
b. Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lain yang lebih agresif
c. Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
d. Perbaikan kualitas produk
26. Perubahan harga akan mengakibatkan perubahan yang lebih kecil pada volume penjualan adalah sifat permintaan ....
a. Inunitary elasticity
b. Inelastis
c. Elastis
d. Unitary elasticity
27. Strategi utama yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya yaitu dengan ....
a. Meningkatkan kualitas produk
b. Mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap produknya
c. Modifikasi produk
d. Meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
28. Kondisi dimana beberapa penjual menguasai pasar, sehingga harga yang ditetapkan dapat lebih tinggi merupakan jenis persaingan ....
a. Monopolistik
b. Persaingan tidak sempurna
c. Oligopoli
d. Monopoli
29. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan bagi perusahaan memakai perantara yaitu …
a. Membantu dalam penyortiran
b. Perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpanan
c. Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen
d. Membantu pengadministrasian persediaan lokal
30. Apa yang hendak dilakukan oleh perusahaan dalam menerapkan strategi penentuan sasaran pasar undifferentiated marketing?
a. Membuat produk dan program pemasaran yang berbeda-beda pada setiap kelompok pembeli yang dilayani
b. Berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya
c. Mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli dengan membagi pasar ke dalam dua segmen
d. Memusatkan pemasaran pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja
31. Usia perusahaan, ukuran perusahaan, bahasa yang digunakan, dan pola pertumbuhan perusahaan merupakan beberapa faktor yang dapat digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....
a. Pasar bisnis
b. Produk
c. Pasar konsumen
d. Harga
32. Konsumen yang memiliki kesamaan dalam preferensi, baik kualitas maupun harga merupakan ciri preferensi .....
a. Homogenitas pasar
b. Menyebar
c. Homogen
d. Mengelompok
33. Suatu kelompok dimana seorang pemegang kartu kredit tertentu, misalnya gold dan platinum bercita-cita ingin menjadi bagian kelompok pemegang kartu kredit tersebut disebut kelompok ....
a. Asosiasi
b. Aspirasi
c. Disasosiatif
d. Keanggotaan
34. Aktivitas fisik dan mental seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli merupakan definisi ....
a. Perilaku pasar
b. Perilaku sosial pembeli
c. Perilaku pembelian pelanggan
d. Perilaku konsumen
35. Menurut Bagozi, konsep inti pemasaran yaitu ....
a. Individu
b. Pertukaran nilai
c. Kebutuhan
d. Pasar
36. Salah satu peran pemasaran dalam perusahaan dalam hal jenjang operasional atau fungsional yaitu ....
a. Mengkampanyekan orientasi pelanggan
b. Menentukan bagaimana melakukan persaingan
c. Memutuskan kapan dan bagaimana cara melakukan kemitraan
d. Didasarkan pada bauran pemasaran
37. Salah satu jenis pemasaran yang dilakukan di dalam organisasi, khususnya oleh pimpinan kepada para karyawannya adalah lingkup aktivitas konsep pemasaran holistik pada komponen ....
a. Pemasaran keterhubungan
b. Pemasaran tanggungjawab sosial
c. Pemasaran internal
d. Pemasaran terintegrasi
38. Salah satu tanggung jawab manajer pemasaran perusahaan dalam usaha membangun keterhubungan dengan pelanggan antara lain …
a. Fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan
b. Penolakan aktivitas retensi pelanggan
c. Penciptaan nilai pelanggan inferior
d. Penciptaan laba jangka pendek perusahaan
39. Tugas seorang pemasar tidaklah mudah. Seorang pemasar harus memperhatikan lingkungan makro ekstern. Salah satunya yaitu perlu mengetahui keyakinan, cara hidup, dan kesenangan calon konsumen sebagai bagian dari faktor....
a. Politik dan hukum
b. Perekonomian
c. Sosial dan budaya
d. Demografi
40. Berikut ini yang tidak termasuk bagian dari hirarki kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow yaitu …
a. Kebutuhan mencoba hal baru
b. Kebutuhan keselamatan
c. Kebutuhan harga diri
d. Kebutuhan sosial
41. Salah satu tata cara penetapan harga yang tidak berorientasi pada biaya merupakan metode penetapan harga....
a. Break-even
b. Rate-of-return
c. Mark-up
d. Paritas kompetitif
42. Seluruh kegiatan yang secara langsung berhubungan dengan penjualan barang dan jasa pada konsumen akhir untuk digunakan sendiri, bukan untuk bisnis merupakan pengertian dari ....
a. Agen
b. Pengecer
c. Perdagangan eceran
d. Pedagang besar
43. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dari segi barang dalam pemilihan saluran distribusi yaitu …
a. Luasnya lini produk
b. Jumlah pesanan
c. Jumlah pembeli potensial
d. Sumber pembiayaan
44. Jenis jasa yang diberikan agen pelengkap bervariasi, contohnya yaitu bantuan bidang finansial, jasa konsultasi, dan penyediaan informasi. Contoh agen pelengkap yang menolong dalam pengambilan keputusan yaitu …
a. Lembaga penelitian
b. Radio
c. Bank
d. Surat kabar
45. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan produsen dari segi perantara dalam pemilihan saluran distribusi yaitu …
a. Jumlah pembeli potensial
b. Luasnya lini produk
c. Volume penjualan
d. Nilai unit
2 A 11 B 20 B 29 D 38 A
3 B 12 C 21 B 30 B 39 C
4 C 13 D 22 C 31 A 40 A
5 A 14 A 23 C 32 C 41 D
6 C 15 D 24 A 33 B 42 C
7 B 16 B 25 A 34 D 43 A
8 C 17 A 26 B 35 B 44 A
9 D 18 B 27 D 36 D 45 C
Buka juga :
1. 45 Soal Pilihan Ganda STRATEGI PEMASARAN + Jawaban
2. 40 Contoh Soal Pilihan Ganda tentang Media Sosial + Kunci Jawaban
3. 50 Soal Bisnis Daring dan Pemasaran : BISNIS ONLINE + Jawaban
Demikian contoh Latihan soal manajemen pemasaran dan kunci jawabannya. Semoga Latihan soal di atas memberikan manfaat untuk para pembaca dalam meningkatkan wawasan tentang manajemen pemasaran. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini untuk menndownload soal manajemen pemasaran dan kunci jawaban.
Biasanya untuk level SMA tidak begitu mendalam, yaitu khusus terkait manajemen pemasaran saja. Namun, mungkin untuk SMK yang berada dalam kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), kelihatannya manajemen pemasaran dipelajari secara detail. Apalagi jika masuk ke Universitas atau Perguruan Tinggi. Tentu lebih dalam lagi, aspek yang dipelajari.
Contoh Soal Manajemen Pemasaran (Marketing) & Kunci Jawaban
Intinya manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan sekaligus pengendalian pada sebuah kegiatan pemasaran dengan tujuan agar target pemasaran produk dari perusahaan tercapai secara efektif dan efisien.Terkait dengan manajemen pemasaran, dalam hal ini adalah latihan soal yang kami bagikan ini, terdiri dari beberapa materi pokok, antara lain pengertian manajemen pemasaran, konsep pemasaran, istilah penting dalam konteks pemasaran, perencanaan strategi pemasaran, tahap perkembangan manajemen pemasaran, fungsi manajemen pemasaran, tujuan manajemen pemasaran, dan tujuan manajemen pemasaran dari segi jangka waktu.
Tentu saja biasanya agar lebih efektif, maka para pelajar akan diberi soal kasus manajemen pemasaran yang kemudian dianalisis untuk diketahui penyelesaiannya. Namun, untuk kali ini, kami hanya bisa memberikan soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Meskipun hanya satu jenis soal, semoga saja dengan jumlah soal yang cukup banyak, yaitu ada 45 soal manajemen pemasaran, dapat menutupi kekurangan kami dalam penyampaian soal manajemen pemasaran.
Anda tidak perlu risau terkait tata cara pengerjaan soal marketing ini. Kami sudah menyediakan kunci jawaban/ pembahasan soalnya kok. Jika anda pemasaran, silahkan lihat pada akhir artikel. Maka anda akan menjumpai kunci jawabannya. Namun, meskipun begitu, tolong kunci jawaban ini jangan anda terima mentah-mentah ya. Tolong koreksi juga, siapa tahu, ada kunci jawaban yang salah. Jika anda menjumpai ada kunci jawaban yang salah, mohon untuk menghubungi kami melalui kolom komentar.
LINK DOWNLOAD soal juga sudah kami sediakan kok. Semoga saja latihan soal manajemen pemasaran ini dapat dianggap lengkap ya. Sudah ada soalnnya, ada kunci jawabannya, dan ada juga link download soalnya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini contoh latihan soal manajemen pemasaran.
Soal Pilihan Ganda Manajemen Pemasaran (Marketing)
1. Pengujian pasar sebagai salah satu tahap dalam pengembangan produk baru dianggap sangat penting karena dapat …a. Mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan
b. Mengurangi kerugian finansial dari produk lain
c. Memastikan keberhasilan suatu produk baru di masa mendatang
d. Menghindari pemutusan hubungan kerja karyawan
2. Kegiatan di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari tahap pengembangan dan pengujian dalam tahap pengembangan produk baru yaitu …
a. Pengujian tentang konsep produk
b. Penilaian laboratorium
c. Pengujian konsep
d. Tes kesukaan konsumen
3. Elektronik, pakaian, dan perabot rumah tangga adalah beberapa contoh dari produk ….
a. Industrial
b. Shopping
c. Konvenien
d. Spesial
4. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh produk yang benar-benar baru dan tidak ada produk substitusinya yaitu ....
a. Ponsel dengan fitur koneksi internet
b. Alat penyimpan data berupa flashdisk yang sekaligus dapat memutar lagu
c. Obat kanker
d. Mobil model tahun yang akan datang
5. Sekelompok produk yang mampu memuaskan segolongan kebutuhan tertentu disebut …
a. Lini produk
b. Daur hidup merek
c. Bauran produk
d. Product item
6. Salah satu alasan perusahaan menggunakan strategi profil tinggi dalam tahap perkenalan yaitu …
a. Perusahaan menghadapi pesaing-pesaing potensial
b. Pasarnya sangat luas
c. Perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
d. Mereka yang menginginkan produk tersebut bersedia membayar pada harga yang tinggi
7. Faktor demografis pribadi berikut ini yang bisa digunakan untuk mensegmentasikan pasar konsumen adalah …
a. Kelas sosial
b. Jenis kelamin
c. Biaya hidup
d. Kepribadian
8. Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah strategi ....
a. Bauran pemasaran
b. Konsentrasi segmen ganda
c. Konsentrasi segmen tunggal
d. Memasuki pasar
9. Apabila kita membeli barang atau jasa untuk dijual kembali supaya memperoleh laba, maka kita tergolong dalam kelompok....
a. Pasar pemerintah
b. Pasar bisnis
c. Pasar internasional
d. Pasar penjual
10. Salah satu persyaratan yang harus dipertimbangkan untuk menunjang usaha mensegmentasikan pasar secara efektif yaitu …
a. Jenis industri
b. Segmen pasar yang cukup luas
c. Bahasa yang digunakan
d. Pola pertumbuhan
11. Apabila perusahaan menawarkan jenis barang konvenien, maka distribusi yang dapat digunakan yaitu distribusi ....
a. Ekstensif
b. Intensif
c. Selektif
d. Eksklusif
12. Dalam komunikasi pemasaran, kegiatan pengiriman pesan berupa iklan dinamakan ....
a. Sender
b. Decoding
c. Encoding
d. Feedback
13. Proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berkomunikasi dengan berbagai macam pihak dengan cara menyajikan, mengembangkan, dan mengevaluasi sejumlah pesan kepada berbagai pihak stakeholder merupakan maksud dari ....
a. Komunikasi antar-perorangan
b. Pemasaran keterhubungan
c. Komunikasi massa
d. Komunikasi pemasaran
14. Salah satu tahapan dimana pembeli mengambil sebuah keputusan untuk menerima atau menolak produk yang sudah dicoba, dalam proses adopsi dinamakan tahap ....
a. Adopsi
b. Evaluasi
c. Kesadaran
d. Percobaan
15. Salah satu kegiatan dalam promosi penjualan dinamakan …
a. Konfrensi pers dan lobi
b. Telemarketing/ kampanye melalui telepon
c. Komunikasi melalui media massa
d. Pertunjukan/ Peragaan
16. Salah satu bentuk presentasi dan promosi non pribadi mengenai ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu dinamakan ....
a. Promosi penjualan
b. Periklanan
c. Penjualan tatap muka
d. Publisitas
17. Berikut ini yang merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh humas yaitu …
a. Komunikasi lobying, korporat, dan konfrensi pers
b. Kampanye melalui surat, telepon, e-mail, fax, dan alat non-pribadi lainnya
c. Penyebaran informasi menggunakan media massa seperti: televisi, radio, papan luar ruang atau baliho,surat-kabar, majalah,
d. Electronic shopping melalui katalog komputer yang on-line dari rumah ke toko
18. Penyusunan anggaran periklanan untuk produk baru dengan memperhatikan faktor probabilitas dalam setiap keputusan agar produk tersebut tercapai kondisi yang optimal dapat menggunakan metode....
a. Subyektif
b. Bayesian
c. Matematis
d. Tugas
19. Tahap pertama yang perlu dilakukan manajemen dalam proses perencanaan strategis yaitu ....
a. Menganalisis situasi bisnis
b. Mengevaluasi hasil
c. Memilih strategi dan taktik
d. Menetapkan tujuan
20. Mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, memilih pelanggan sasaran, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....
a. Sasaran
b. Strategi
c. Taktik
d. Tujuan
21. Salah satu contoh peluang barang atau jasa yang bisa ditawarkan pemasar kepada tahap keluarga sarang penuh I yaitu …
a. Barang-barang mewah dan perbaikan rumah
b. Makanan bayi dan mainan anak-anak.
c. Lemari es dan kompor
d. Tabungan dan pelajaran musik
22. Tahapan yang akan langsung dilakukan konsumen setelah meraka mencari informasi dalam proses pengambilan keputusan yaitu …
a. Mengevaluasi pasca beli
b. Menentukan kebutuhan dan keinginan
c. Mengevaluasi berbagai alternatif
d. Membuat keputusan beli
23. Dalam daur hidup produk, pertumbuhan volume penjualan mulai melambat, dan berada dalam kondisi stabil sebelum akhirnya menurun adalah deskripsi produk yang berada pada tahap ....
a. Pertumbuhan
b. Penurunan
c. Kedewasaan
d. Perkenalan
24. Produk yang memiliki daya penarik rendah, namun mampu memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang adalah pengertian produk ....
a. Bermanfaat
b. Spesial
c. Sangat diperlukan
d. Shopping
25. Salah satu cara dalam melakukan modifikasi pasar yaitu …
a. Mencari pembeli baru dan segmen pasar baru
b. Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lain yang lebih agresif
c. Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
d. Perbaikan kualitas produk
26. Perubahan harga akan mengakibatkan perubahan yang lebih kecil pada volume penjualan adalah sifat permintaan ....
a. Inunitary elasticity
b. Inelastis
c. Elastis
d. Unitary elasticity
27. Strategi utama yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya yaitu dengan ....
a. Meningkatkan kualitas produk
b. Mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap produknya
c. Modifikasi produk
d. Meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
28. Kondisi dimana beberapa penjual menguasai pasar, sehingga harga yang ditetapkan dapat lebih tinggi merupakan jenis persaingan ....
a. Monopolistik
b. Persaingan tidak sempurna
c. Oligopoli
d. Monopoli
29. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan bagi perusahaan memakai perantara yaitu …
a. Membantu dalam penyortiran
b. Perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpanan
c. Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen
d. Membantu pengadministrasian persediaan lokal
30. Apa yang hendak dilakukan oleh perusahaan dalam menerapkan strategi penentuan sasaran pasar undifferentiated marketing?
a. Membuat produk dan program pemasaran yang berbeda-beda pada setiap kelompok pembeli yang dilayani
b. Berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya
c. Mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli dengan membagi pasar ke dalam dua segmen
d. Memusatkan pemasaran pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja
31. Usia perusahaan, ukuran perusahaan, bahasa yang digunakan, dan pola pertumbuhan perusahaan merupakan beberapa faktor yang dapat digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....
a. Pasar bisnis
b. Produk
c. Pasar konsumen
d. Harga
32. Konsumen yang memiliki kesamaan dalam preferensi, baik kualitas maupun harga merupakan ciri preferensi .....
a. Homogenitas pasar
b. Menyebar
c. Homogen
d. Mengelompok
33. Suatu kelompok dimana seorang pemegang kartu kredit tertentu, misalnya gold dan platinum bercita-cita ingin menjadi bagian kelompok pemegang kartu kredit tersebut disebut kelompok ....
a. Asosiasi
b. Aspirasi
c. Disasosiatif
d. Keanggotaan
34. Aktivitas fisik dan mental seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli merupakan definisi ....
a. Perilaku pasar
b. Perilaku sosial pembeli
c. Perilaku pembelian pelanggan
d. Perilaku konsumen
35. Menurut Bagozi, konsep inti pemasaran yaitu ....
a. Individu
b. Pertukaran nilai
c. Kebutuhan
d. Pasar
36. Salah satu peran pemasaran dalam perusahaan dalam hal jenjang operasional atau fungsional yaitu ....
a. Mengkampanyekan orientasi pelanggan
b. Menentukan bagaimana melakukan persaingan
c. Memutuskan kapan dan bagaimana cara melakukan kemitraan
d. Didasarkan pada bauran pemasaran
37. Salah satu jenis pemasaran yang dilakukan di dalam organisasi, khususnya oleh pimpinan kepada para karyawannya adalah lingkup aktivitas konsep pemasaran holistik pada komponen ....
a. Pemasaran keterhubungan
b. Pemasaran tanggungjawab sosial
c. Pemasaran internal
d. Pemasaran terintegrasi
38. Salah satu tanggung jawab manajer pemasaran perusahaan dalam usaha membangun keterhubungan dengan pelanggan antara lain …
a. Fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan
b. Penolakan aktivitas retensi pelanggan
c. Penciptaan nilai pelanggan inferior
d. Penciptaan laba jangka pendek perusahaan
39. Tugas seorang pemasar tidaklah mudah. Seorang pemasar harus memperhatikan lingkungan makro ekstern. Salah satunya yaitu perlu mengetahui keyakinan, cara hidup, dan kesenangan calon konsumen sebagai bagian dari faktor....
a. Politik dan hukum
b. Perekonomian
c. Sosial dan budaya
d. Demografi
40. Berikut ini yang tidak termasuk bagian dari hirarki kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow yaitu …
a. Kebutuhan mencoba hal baru
b. Kebutuhan keselamatan
c. Kebutuhan harga diri
d. Kebutuhan sosial
41. Salah satu tata cara penetapan harga yang tidak berorientasi pada biaya merupakan metode penetapan harga....
a. Break-even
b. Rate-of-return
c. Mark-up
d. Paritas kompetitif
42. Seluruh kegiatan yang secara langsung berhubungan dengan penjualan barang dan jasa pada konsumen akhir untuk digunakan sendiri, bukan untuk bisnis merupakan pengertian dari ....
a. Agen
b. Pengecer
c. Perdagangan eceran
d. Pedagang besar
43. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dari segi barang dalam pemilihan saluran distribusi yaitu …
a. Luasnya lini produk
b. Jumlah pesanan
c. Jumlah pembeli potensial
d. Sumber pembiayaan
44. Jenis jasa yang diberikan agen pelengkap bervariasi, contohnya yaitu bantuan bidang finansial, jasa konsultasi, dan penyediaan informasi. Contoh agen pelengkap yang menolong dalam pengambilan keputusan yaitu …
a. Lembaga penelitian
b. Radio
c. Bank
d. Surat kabar
45. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan produsen dari segi perantara dalam pemilihan saluran distribusi yaitu …
a. Jumlah pembeli potensial
b. Luasnya lini produk
c. Volume penjualan
d. Nilai unit
Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Manajemen Pemasaran
1 A 10 B 19 A 28 C 37 C2 A 11 B 20 B 29 D 38 A
3 B 12 C 21 B 30 B 39 C
4 C 13 D 22 C 31 A 40 A
5 A 14 A 23 C 32 C 41 D
6 C 15 D 24 A 33 B 42 C
7 B 16 B 25 A 34 D 43 A
8 C 17 A 26 B 35 B 44 A
9 D 18 B 27 D 36 D 45 C
Buka juga :
1. 45 Soal Pilihan Ganda STRATEGI PEMASARAN + Jawaban
2. 40 Contoh Soal Pilihan Ganda tentang Media Sosial + Kunci Jawaban
3. 50 Soal Bisnis Daring dan Pemasaran : BISNIS ONLINE + Jawaban
Demikian contoh Latihan soal manajemen pemasaran dan kunci jawabannya. Semoga Latihan soal di atas memberikan manfaat untuk para pembaca dalam meningkatkan wawasan tentang manajemen pemasaran. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini untuk menndownload soal manajemen pemasaran dan kunci jawaban.
Hayoo pada liat ini kann. Gua bilangin loh
BalasHapus