45 Soal Pilihan Ganda STRATEGI PEMASARAN + Jawaban
Contoh soal pilihan ganda dan kunci jawaban tentang strategi pemasaran (strategik pemasaran). Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan salah satu latihan soal tentang pemasaran, yaitu soal tentang strategi pemasaran.
Strategi pemasaran atau mungkin sebagian besar orang menyebutnya strategik pemasaran merupakan segala macam bentuk usaha untuk memasarkan suatu produk, baik itu produk jasa atau barang, dengan menggunakan strategi atau taktik tertentu sehingga penjualan produk kita menjadi lebih tinggi atau maksimal.
Dalam Latihan soal strategi pemasaran ini, kami hanya menyediakan satu jenis soal Latihan, yaitu soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Ya meskipun dalam soal strategi pemasaran ini hanya ada satu jenis soal yang kami bagikan, namun semoga dengan banyaknya soal yang kami bagikan ini dapat menutupi kekurangannya.
Ada sekitar 45 soal strategi pemasaran yang sudah kami siapkan, untuk para pembaca gunakan sebagai bahan belajar. Mungkin untuk persiapan Ujian Akhir, Ulangan Harian, atau Penilaian yang lainnya. Intinya kami sangat berharap agar artikel tentang contoh soal strategi pemasaran ini bermanfaat.
LINK DOWNLOAD soal strategi pemasaran sudah kami sediakan di bawah ini kok. Klik saja tombol download yang ada di akhir artikel, maka anda akan diarahkan menuju halaman download soal pemasaran. Oya, kami kok lupa menyampaikan. Jadi, dalam artikel kami ini sudah kami sediakan kunci jawaban/ pembahasan soal yang juga kami latakkan pada akhir artikel. Semoga semakin membantu para pembaca ya.
Kami sangat menyarankan kepada anda untuk mencoba sendiri menjawab soal yang kami sediakan, meskipun kami sudah menyediakan kunci jawaban. Ya semoga saja sih tidak ada kunci jawaban soal strategi pemasaran ini yang salah. Namun, jika anda menjumpai ada kunci jawaban yang salah, mohon hubungi kami melalui kolom komentar ya. Akan kami perbaiki secepatnya artikel kami ini. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan jawaban strategi pemasaran.
a. Predatory pricing
b. Adaptive pricing
c. Coperative pricing
d. Opportunistic pricing
2. Salah satu teknik diskriminasi harga yang mana kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda merupakan teknik berdasarkan ...
a. Waktu (time pricing)
b. Bentuk produk (product-form pricing)
c. Segmen
d. Lokasi (location pricing)
3. Pemakaian teknik harga dengan cara menurunkan harga merek terkenal atau produk yang sensitif terhadap harga untuk meningkatkan kunjungan konsumen dinamakan ...
a. Longer payment terms
b. Special-event pricing
c. Harga penglaris (loss-leader pricing)
d. Cash-rebate
4. Proses menjabarkan pesan ke dalam simbol-simbol berupa kata-kata lisan, tulisan, bahasa isyarat, lambang, gambar, warna, maupun kombinasinya dinamakan ...
a. Sender
b. Receiver
c. Decoding
d. Encoding
5. Medium yang memungkinkan perusahaan menyampaikan pesan atau iklan berulang-ulang dalam karakteristik iklan merupakan pengertian dari...
a. Impersonalitas
b. Pervasiveness
c. Presentasi publik
d. Dramatisasi pesan
6. konversi data yang telah dikirimkan oleh sumber menjadi informasi yang dimengerti oleh penerima dinamakan …
a. Decoding
b. Receiver
c. Sender
d. Encoding
7. Jumlah orang yang terekspos oleh media yang memenuhi karakteristik sebagai audiens merupakan pengertian dari...
a. Audiens efektif
b. Audiens
c. Sirkulasi
d. Audiens efektif terekspos media
8. Public Relations sudah mengetahui alasan timbulnya permasalahan dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan masalah, hal ini merupakan tindakan pada tahap...
a. Evaluasi program
b. Perencanaan dan program
c. Mendefinisikan permasalahan
d. Aksi dan komunikasi
9. Penjualan solusi yaitu …
a. Situasi-situasi yang terdiri dari relasi serupa konsultan yang memakai pendekatan tim
b. Penjualan berdasarkan harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi
c. Produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen kita, sedangkan hal yang kedua yaitu harga dibandingkan keberhasilan aplikasi produk
d. Fitur dan harga yang ada pada produk sama-sama penting dalam situasi penjualan
10. Saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua meliputi …
a. Producer -> representative -> customers
b. Producer -> retailer -> customers
c. Produces -> customers
d. Producer -> representative -> distributor -> customer
11. Salah satu ilustrasi berikut ini yang menggambarkan saluran pemasaran dengan strategi distribusi selektif yaitu ….
a. Telepon seluler premium Vertu hanya ada dijual pada dua pusat perbelanjaan mewah
b. Kemeja merek Arrow hanya dijual atau ada di swalayan kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional
c. Pasta gigi merek Pepsodent yang bisa kita jumpai pada warung kumuh sampai pada pusat perbelanjaan mewah
d. Pakaian rancangan Giovany Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta
12. Memilih pasar sasaran terbatas, dalam hal ini tidak semua segmen untuk pemasaran produk baru merupakan strategi…
a. Memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif
b. niche penetration (Penetrasi ceruk pasar)
c. mass-market penetration (Penetrasi pasar secara massal)
d. skimming and early withdrawal (Skimming dan keluar dari pasar dengan cepat)
13. Perilaku konsumen terhadap produk yang menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product, adalah..
a. Memiliki preferensi merek/ berkeliling untuk mencari harga terbaik
b. Memilih produk dari antara produk-produk yang tersedia pada toko yang paling mudah didatangi
c. Menyukai toko tertentu/ tidak peduli terhadap merek yang ada
d. Menyukai toko tertentu/ mempertimbangkan banyaknya pilihan produk dalam memutuskan toko yang didatangi/ merek belum pasti
14. Produsen menyampaikan keinginannya dalam hal cakupan pasar, pengembangan pasar, tingkat inventory, layanan dan bantuan teknis, pencarian pelanggan, serta informasi pasar, merupakan merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi anggota saluran melalui...
a. Evaluasi anggota saluran
b. Kemitraan
c. Kerjasama
d. Pemrograman distribusi
15. Kriteria yang mempertimbangkan agar perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran jika terjadi suatu perubahan, dinamakan kriteria...
a. Alternatif II dalam kriteria pengendalian
b. Kriteria adaptif
c. Kriteria ekonomi
d. Kriteria pengendalian
16. Perusahaan Mazda Corporation bekerja sama dengan Ford Corporation. Kedua perusahaan membuat produk Bersama-sama, untuk pasar Jepang mereknya Mazda dan distribusinya di bawah bendera Mazda Corporation, sedangkan untuk pasar Amerika diberi merek Ford dan didistribusikan Ford Corporation. Ilustrasi tersebut menggambarkan tipe sistem pemasaran..
a. Sistem Pemasaran Horisontal
b. Contractual System
c. Corporate System
d. Administered System
17. Dikarenakan Toyota kewalahan dengan serangan Kuda, maka Toyota langsung melakukan strategi yaitu dengan mengeluarkan Kijang Innova, tetap 2000 CC, dengan desain menyerupai multi-purpose vehicle (MPV) murni, dan sudah menggunakan teknologi bukaan klep variabel (oleh Toyota disebut VVTi). Tahun 2005 sudah terlihat hasilnya. Kuda menyerah dengan menghentikan produksi dan pemasaran Kuda. Strategi yang diterapkan oleh Toyota yaitu...
a. Strategi Ekspansi Pasar
b. Strategi Pertahanan Sisi
c. Strategi Pertahanan Posisi
d. Strategi Konfrontasi
18. Produk kita sudah dikenal atau disadari keberadaannya oleh banyak orang. Namun, supaya cepat tersebar, harus diusahakan agar konsumen mampu membelinya. Taktik yang sebaiknya digunakan menurut Walker et al. (2003), yaitu...
a. Uji coba produk gratis dan pemberian garansi
b. Meluncurkan iklan yang gencar melalui media
c. Menetapkan harga penetrasi
d. Promosi penjualan intensif
19. Ketika kemunculan DVD menggantikan VCD, terjadi penurunan permintaan terhadap CD secara keseluruhan. Sebagian besar konsumen lama beralih ke model VCD/DVD karena kedua format ini menampilkan gambar dan suara. Sedangkan CD hanya menghasilkan suara. Konsumen baru juga langsung ke model VCD/DVD tanpa melirik CD. Meskipun demikian, tidak semua konsumen meninggalkan CD. Ada segmen yang tetap menggunakan CD karena kualitas musiknya yang lebih bagus. Ukuran CD memang kecil tetapi tetap bertahan. Strategi pemasaran bagi perusahaan yang tersisa tersebut yaitu…
a. Niche Strategy
b. Strategi Mempertahankan
c. Strategi Memanen
d. Strategi Pemain yang Untung
20. Salah satu keuntungan dari Undifferentiated Marketing Strategy yaitu …
a. Dapat memenuhi spesifik setiap segmen sasaran
b. Efektifitas bauran produk lebih tinggi
c. Biaya yang lebih rendah
d. Perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih baik
21. Salah satu praktek pembuatan harga-harga barang dengan menggunakan angka ganjil, contohnya Rp 4.577, Rp23.470, Rp 11.635.000, dan seterusnya, mempunyai tujuan agar kesan harga produk lebih lebih murah karena belum menyentuh level harga di atasnya. Model pembuatan harga ini digolongkan sebagai jenis teknik...
a. Markup pricing
b. Perceived Quality Pricing
c. Value pricing
d. Odd-pricing
22. Daihatsu Grand Max berada di posisi sebagai mobil penumpang yang terjangkau dan lapang. Mesin ditempatkan di tengah. Dengan desain mobil minibus yang body-nya cenderung mengotak. Hidung yang disisakan sedikit bukan ruang mesin yang juga dapat digunakan untuk menyimpan kunci-kunci. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan ruang kabin yang lebih luas. Brand Positioning yang ingin dicitrakan oleh produsen tersebut yaitu …
a. Promosi
b. Harga
c. Produk
d. Tempat
23. Salah satu keunggulan motor-motor dan mobil-mobil buatan Jepang dibandingkan Eropa dan Amerika yaitu toko spare-part dan jaringan bengkel sampai ke kota-kota kecil, selama ini terbukti keunggulannya (performance), dan montir-montirnya ahli (expertise). Untuk mengimbangi kondisi yang ada, maka Motor merek Bangau dari Jialing, dalam iklan yang diperankan Rano Karno dan Basuki, menekankan tentang ketersediaan suku cadang yang tersedia banyak dan dimana saja sebagai salah satu kelebihan motor itu. Ilustrasi tersebut menggambarkan jenis diferensiasi ....
a. Diferensiasi Saluran
b. Diferensiasi Layanan Tambahan
c. Diferensiasi Produk Utama
d. Diferensiasi Personil
24. Yang dimaksud Specialized Industry dalam matrix Boston Consulting Group adalah…
a. Ada banyak sumber diferensiasi dan setiap diferensiasi mempunyai potensi keunggulan yang besar
b. Hanya ada sedikit sumber diferensiasi. Ukuran potensi keunggulan bersaing dari setiap diferensiasi cukup kecil.
c. Hanya ada sedikit sumber diferensiasi, tetapi setiap diferensiasi mempunyai competitive advantage (potensi keunggulan bersaing) yang besar
d. Terdapat banyak sumber diferensiasi, namun ukuran potensi keunggulan besaing dari setiap diferensiasi cukup rendah.
25. Konsumen mempunyai citra yang sempit mengenai merek suatu produk. Mereka mempersepsikan merek mereka terlalu tinggi. Ada suatu kasus, bahwa konsumen merasa bahwa semua rumah yang ada di Lippo Cikarang mahal, padahal ada juga tipe rumah sederhananya yang mana harganya tidak terlalu mahal. Definisi tersebut merupakan jebakan positioning...
a. Doubtful positioning
b. Over positiong
c. Underpositioning
d. Confused positioning
26. Strategi perusahaan yang didesain untuk memperbaiki berbagai kekurangan organisasi yang mengakibatkan menurunnya kinerjanya, dinamakan sebagai strategi…
a. Strategi fokus
b. Strategi pembaharuan
c. Strategi stabilitas
d. Strategi diferensiasi
27. Kondisi yang menggambarkan sejauh mana persepsi kinerja sebuah produk dibandingkan dengan harapan-harapan seorang pembeli adalah merupakan pengertian dari…
a. Migrasi nilai pelanggan
b. Nilai Pelanggan
c. Pemasaran strategis
d. Kepuasan Pelanggan
28. Suatu strategi organisasi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang berbeda dengan produk atau jasa dari perusahaan lain dinamakan …
a. Strategi fokus
b. Strategi pembaharuan
c. Strategi stabilitas
d. Strategi diferensiasi
29. Seiring perkembangan praktik manajemen, munculah beberapa teori utama dalam manajemen. Salah satu diantaranya yaitu membahas tentang pemakaian metode ilmiah untuk menggambarkan “sebuah cara yang terbaik” untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Teori tersebut adalah pengertian dari teori…
a. Organizational Behavior
b. General Administrative Theory
c. Scientific Management Theory
d. Quantitative Approach to Management
30. Menurut Kotler & Armstrong, ada 5 jenis orientasi manajemen pemasaran, salah satunya yaitu berpendapat bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung kepada pemahaman akan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan seberapa mampu perusahaan memenuhinya dengan cara yang lebih efektif dan efisien dibanding para pesaing, yang merupakan definisi dari konsep …
a. marketing concept (konsep pemasaran)
b. product concept (konsep produk)
c. production concept (konsep produksi)
d. selling concept (konsep penjualan)
31. Riset Pemasaran berdasarkan definisi American Marketing Association (AMA) adalah...
a. Proses identifikasi yang menempatkan permintaan sebagai variabel dependen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sebagai variabel independen
b. Metoda yang memberi perhatian pada faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
c. Metoda yang menggunakan data-data penjualan masa lalu untuk mengestimasi penjualan yang datang
d. Identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebaran (pembagian) informasi yang sistematis dan objektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan solusi masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan dalam pemasaran
32. Analisis situasi strategis berarti analisis situasi ini harus bersifat strategis dalam arti situasi yang dianalisis tidak hanya situasi internal perusahaan tetapi juga eksternal perusahaan. Faktor-faktor eksternal perusahaan yang harus dianalisis yaitu …
a. Hasil pelaksanaan program-program bauran pemasaran
b. Kebijakan fiskal dan moneter
c. Perkembangan hasil pencapaian penjualan per area
d. Perkembangan pangsa pasar
33. Berdasarkan ada tidaknya pasar sasaran ada tiga strategi pemasaran menurut Kotler dan Keller, salah satunya yaitu target marketing atau pemasaran bersasaran, adalah...
a. Perusahaan melakukan identifikasi segmen-segmen pasar, memilih segmen untuk dilayani, lalu membuat produk untuk segmen yang dilayani tersebut
b. Memilih pasar yang semakin sempit dan menyesuaikan produk secara spesifik dengan kebutuhan dan keinginan target tersebut
c. Penjual memproduksi produk secara massal mempromosikan produk secara massal
d. Perusahaan memproduksi dua atau lebih varians produk yang berbeda dalam hal fitur, harga, kualitas, gaya, model, dan lain-lain
34. Pelangan dan pesaing merupakan komponen penting dalam...
a. Analisis lingkungan global
b. Analisis lingkungan makro
c. Analisis lingkungan internal
d. Analisis lingkungan mikro
35. Kinerja pasar meliputi, antara lain...
a. keinovatifan (innovativeness), efisiensi, dan kemampulabaan (profitability)
b. barrier to entry (hambatan masuk)
c. konsentrasi industri
d. differensiasi di antara produk-produk yang dihasilkan industri
36. Segmentasi berdasarkan jenis usaha, skala usaha, pertumbuhan usaha dan lama berlangganan dikelompokkan kedalam variabel segmentasi berdasarkan…
a. Karakteristik bisnis
b. Geografi
c. Demografi
d. Psikografi
37. Persaingan antara produk tidak setipe atau tidak sekelas, tetapi masih dalam industri yang sama di klasifikasikan sebagai jenis persaingan…
a. generic competition (persaingan generic)
b. industry competition (persaingan industri)
c. brand competition (persaingan merek)
d. benefit competition (persaingan manfaat)
38. Untuk semua produk obat nyamuk yang tersedia dalam bentuk aerosol dan bakar, PT. Bayer Indonesia menggunakan merek Baygon. PT. Bayer Indonesia menggunakan strategi merek...
a. Strategi multi merek
b. Strategi perluasan lini
c. Strategi merek baru
d. Strategi perluasan merek (brand extension)
39. Bagi konsumen merek memiliki manfaat, yaitu...
a. Memberikan nilai emosional dan ekspresi diri
b. Meningkatkan efisiensi pembelian karena merek menyediakan informasi tentang produk dan tempat pembelian
c. Dengan pemberian merek, mutu lebih terjamin dan konsisten
d. Memberikan perlindungan khusus atau ciri khusus maupun keistimewaan produk
40. Nissan melihat bahwa masih ada celah selebar Rp 40.000.000 antara Serena Ct (Rp 253.000.000) dan Latio (Rp 213.000.000). Apabila pada celah ini diisikan varian baru, dengan Serena yang di-speckdown atau Latio yang di-upgrade, atau memasukkan MPV merek baru, maka Nissan melakukan perpanjangan lini produk...
a. (product-line filling) mengisi lini produk
b. (upward stretching) memperpanjang ke hulu
c. (downward stretching) memperpanjang ke hilir
d. (two-way strectching) memperpanjang ke hulu dan ke hilir sekaligus
41. Potongan harga yang diberikan karena volume pembelian yang besar disebut sebagai...
a. Seasonal Discount
b. Quantity-discount
c. Cash-discount
d. Functional-discount
42. Barang yang memiliki karakteristik unik atau yang diasosiasikan dengan kelompok pembeli yang eksklusif, disebut barang...
a. Specialty goods
b. Shopping goods
c. Confenience goods
d. Unsougth goods
43. Strategi pemasaran, yang mana pengurangan harga yang ditawarkan oleh penjual kepada anggota-anggota saluran perdagangan yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu seperti menjual, menyimpan, dan menyelenggarakan pelaporan dinamakan …
a. Seasonal Discount
b. Quantity discount
c. Cash discount
d. Functional-discount
44. Jenis barang yang dalam mana konsumen bersedia membuang waktunya untuk memilih-milih barang yang ingin dibelinya dinamakan …
a. Specialty goods
b. Shopping goods
c. Confenience goods
d. Unsougth goods
45. Strategi pemasaran di mana perusahaan memakai banyak merek untuk setiap produk yang dimiliki, namun dalam kategori produk yang sama dinamakan …
a. Strategi multi merek
b. Strategi perluasan lini
c. Strategi merek baru
d. brand extension strategi perluasan merek
2 C 11 B 20 C 29 C 38 B
3 C 12 B 21 D 30 A 39 A
4 D 13 A 22 C 31 D 40 A
5 B 14 B 23 A 32 B 41 B
6 A 15 B 24 A 33 A 42 A
7 A 16 A 25 B 34 B 43 D
8 B 17 D 26 B 35 A 44 B
9 C 18 C 27 D 36 A 45 A
Buka juga :
1. 45 Soal Manajemen Pemasaran Pilihan Ganda & Jawaban (Marketing)
2. 40 Soal Mapel Bisnis Online SMK BDP dan Kunci Jawaban
3. 40 Contoh Soal Pilihan Ganda tentang Media Sosial + Kunci Jawaban
Demikian Latihan soal tentang strategi pemasaran atau mungkin sebagian besar menyebutnya dengan sebutan “Pemasaran Strategik”. Semoga contoh latihan soal ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca yang sedang belajar ilmu pemasaran. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini untuk mengunduh atau mendownload soal tentang pemasaran di atas.
Strategi pemasaran atau mungkin sebagian besar orang menyebutnya strategik pemasaran merupakan segala macam bentuk usaha untuk memasarkan suatu produk, baik itu produk jasa atau barang, dengan menggunakan strategi atau taktik tertentu sehingga penjualan produk kita menjadi lebih tinggi atau maksimal.
Contoh Soal tentang Strategi Pemasaran dan Kunci Jawaban
Strategi pemasaran ini pada umumnya sudah dipelajari oleh siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi, atau mungkin siswa SMK Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Namun, materi tentang strategi pemasaran sendiri juga dipelajari di tingkat yang lebih tinggi lagi, yaitu Universitas atau Perguruan Tinggi. Oleh karena strategi pemasaran cukup luas cakupan jenjang pendidikan yang menggunakannya, maka kami tertarik untuk membagikan salah satu latihan soal tentang strategi pemasaran yang kami miliki.Dalam Latihan soal strategi pemasaran ini, kami hanya menyediakan satu jenis soal Latihan, yaitu soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Ya meskipun dalam soal strategi pemasaran ini hanya ada satu jenis soal yang kami bagikan, namun semoga dengan banyaknya soal yang kami bagikan ini dapat menutupi kekurangannya.
Ada sekitar 45 soal strategi pemasaran yang sudah kami siapkan, untuk para pembaca gunakan sebagai bahan belajar. Mungkin untuk persiapan Ujian Akhir, Ulangan Harian, atau Penilaian yang lainnya. Intinya kami sangat berharap agar artikel tentang contoh soal strategi pemasaran ini bermanfaat.
LINK DOWNLOAD soal strategi pemasaran sudah kami sediakan di bawah ini kok. Klik saja tombol download yang ada di akhir artikel, maka anda akan diarahkan menuju halaman download soal pemasaran. Oya, kami kok lupa menyampaikan. Jadi, dalam artikel kami ini sudah kami sediakan kunci jawaban/ pembahasan soal yang juga kami latakkan pada akhir artikel. Semoga semakin membantu para pembaca ya.
Kami sangat menyarankan kepada anda untuk mencoba sendiri menjawab soal yang kami sediakan, meskipun kami sudah menyediakan kunci jawaban. Ya semoga saja sih tidak ada kunci jawaban soal strategi pemasaran ini yang salah. Namun, jika anda menjumpai ada kunci jawaban yang salah, mohon hubungi kami melalui kolom komentar ya. Akan kami perbaiki secepatnya artikel kami ini. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan jawaban strategi pemasaran.
Soal Pilihan Ganda Strategi Pemasaran (Pemasaran Strategik)
1. Salah satu bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar dinamakan ...a. Predatory pricing
b. Adaptive pricing
c. Coperative pricing
d. Opportunistic pricing
2. Salah satu teknik diskriminasi harga yang mana kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda merupakan teknik berdasarkan ...
a. Waktu (time pricing)
b. Bentuk produk (product-form pricing)
c. Segmen
d. Lokasi (location pricing)
3. Pemakaian teknik harga dengan cara menurunkan harga merek terkenal atau produk yang sensitif terhadap harga untuk meningkatkan kunjungan konsumen dinamakan ...
a. Longer payment terms
b. Special-event pricing
c. Harga penglaris (loss-leader pricing)
d. Cash-rebate
4. Proses menjabarkan pesan ke dalam simbol-simbol berupa kata-kata lisan, tulisan, bahasa isyarat, lambang, gambar, warna, maupun kombinasinya dinamakan ...
a. Sender
b. Receiver
c. Decoding
d. Encoding
5. Medium yang memungkinkan perusahaan menyampaikan pesan atau iklan berulang-ulang dalam karakteristik iklan merupakan pengertian dari...
a. Impersonalitas
b. Pervasiveness
c. Presentasi publik
d. Dramatisasi pesan
6. konversi data yang telah dikirimkan oleh sumber menjadi informasi yang dimengerti oleh penerima dinamakan …
a. Decoding
b. Receiver
c. Sender
d. Encoding
7. Jumlah orang yang terekspos oleh media yang memenuhi karakteristik sebagai audiens merupakan pengertian dari...
a. Audiens efektif
b. Audiens
c. Sirkulasi
d. Audiens efektif terekspos media
8. Public Relations sudah mengetahui alasan timbulnya permasalahan dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan masalah, hal ini merupakan tindakan pada tahap...
a. Evaluasi program
b. Perencanaan dan program
c. Mendefinisikan permasalahan
d. Aksi dan komunikasi
9. Penjualan solusi yaitu …
a. Situasi-situasi yang terdiri dari relasi serupa konsultan yang memakai pendekatan tim
b. Penjualan berdasarkan harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi
c. Produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen kita, sedangkan hal yang kedua yaitu harga dibandingkan keberhasilan aplikasi produk
d. Fitur dan harga yang ada pada produk sama-sama penting dalam situasi penjualan
10. Saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua meliputi …
a. Producer -> representative -> customers
b. Producer -> retailer -> customers
c. Produces -> customers
d. Producer -> representative -> distributor -> customer
11. Salah satu ilustrasi berikut ini yang menggambarkan saluran pemasaran dengan strategi distribusi selektif yaitu ….
a. Telepon seluler premium Vertu hanya ada dijual pada dua pusat perbelanjaan mewah
b. Kemeja merek Arrow hanya dijual atau ada di swalayan kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional
c. Pasta gigi merek Pepsodent yang bisa kita jumpai pada warung kumuh sampai pada pusat perbelanjaan mewah
d. Pakaian rancangan Giovany Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta
12. Memilih pasar sasaran terbatas, dalam hal ini tidak semua segmen untuk pemasaran produk baru merupakan strategi…
a. Memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif
b. niche penetration (Penetrasi ceruk pasar)
c. mass-market penetration (Penetrasi pasar secara massal)
d. skimming and early withdrawal (Skimming dan keluar dari pasar dengan cepat)
13. Perilaku konsumen terhadap produk yang menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product, adalah..
a. Memiliki preferensi merek/ berkeliling untuk mencari harga terbaik
b. Memilih produk dari antara produk-produk yang tersedia pada toko yang paling mudah didatangi
c. Menyukai toko tertentu/ tidak peduli terhadap merek yang ada
d. Menyukai toko tertentu/ mempertimbangkan banyaknya pilihan produk dalam memutuskan toko yang didatangi/ merek belum pasti
14. Produsen menyampaikan keinginannya dalam hal cakupan pasar, pengembangan pasar, tingkat inventory, layanan dan bantuan teknis, pencarian pelanggan, serta informasi pasar, merupakan merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi anggota saluran melalui...
a. Evaluasi anggota saluran
b. Kemitraan
c. Kerjasama
d. Pemrograman distribusi
15. Kriteria yang mempertimbangkan agar perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran jika terjadi suatu perubahan, dinamakan kriteria...
a. Alternatif II dalam kriteria pengendalian
b. Kriteria adaptif
c. Kriteria ekonomi
d. Kriteria pengendalian
16. Perusahaan Mazda Corporation bekerja sama dengan Ford Corporation. Kedua perusahaan membuat produk Bersama-sama, untuk pasar Jepang mereknya Mazda dan distribusinya di bawah bendera Mazda Corporation, sedangkan untuk pasar Amerika diberi merek Ford dan didistribusikan Ford Corporation. Ilustrasi tersebut menggambarkan tipe sistem pemasaran..
a. Sistem Pemasaran Horisontal
b. Contractual System
c. Corporate System
d. Administered System
17. Dikarenakan Toyota kewalahan dengan serangan Kuda, maka Toyota langsung melakukan strategi yaitu dengan mengeluarkan Kijang Innova, tetap 2000 CC, dengan desain menyerupai multi-purpose vehicle (MPV) murni, dan sudah menggunakan teknologi bukaan klep variabel (oleh Toyota disebut VVTi). Tahun 2005 sudah terlihat hasilnya. Kuda menyerah dengan menghentikan produksi dan pemasaran Kuda. Strategi yang diterapkan oleh Toyota yaitu...
a. Strategi Ekspansi Pasar
b. Strategi Pertahanan Sisi
c. Strategi Pertahanan Posisi
d. Strategi Konfrontasi
18. Produk kita sudah dikenal atau disadari keberadaannya oleh banyak orang. Namun, supaya cepat tersebar, harus diusahakan agar konsumen mampu membelinya. Taktik yang sebaiknya digunakan menurut Walker et al. (2003), yaitu...
a. Uji coba produk gratis dan pemberian garansi
b. Meluncurkan iklan yang gencar melalui media
c. Menetapkan harga penetrasi
d. Promosi penjualan intensif
19. Ketika kemunculan DVD menggantikan VCD, terjadi penurunan permintaan terhadap CD secara keseluruhan. Sebagian besar konsumen lama beralih ke model VCD/DVD karena kedua format ini menampilkan gambar dan suara. Sedangkan CD hanya menghasilkan suara. Konsumen baru juga langsung ke model VCD/DVD tanpa melirik CD. Meskipun demikian, tidak semua konsumen meninggalkan CD. Ada segmen yang tetap menggunakan CD karena kualitas musiknya yang lebih bagus. Ukuran CD memang kecil tetapi tetap bertahan. Strategi pemasaran bagi perusahaan yang tersisa tersebut yaitu…
a. Niche Strategy
b. Strategi Mempertahankan
c. Strategi Memanen
d. Strategi Pemain yang Untung
20. Salah satu keuntungan dari Undifferentiated Marketing Strategy yaitu …
a. Dapat memenuhi spesifik setiap segmen sasaran
b. Efektifitas bauran produk lebih tinggi
c. Biaya yang lebih rendah
d. Perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih baik
21. Salah satu praktek pembuatan harga-harga barang dengan menggunakan angka ganjil, contohnya Rp 4.577, Rp23.470, Rp 11.635.000, dan seterusnya, mempunyai tujuan agar kesan harga produk lebih lebih murah karena belum menyentuh level harga di atasnya. Model pembuatan harga ini digolongkan sebagai jenis teknik...
a. Markup pricing
b. Perceived Quality Pricing
c. Value pricing
d. Odd-pricing
22. Daihatsu Grand Max berada di posisi sebagai mobil penumpang yang terjangkau dan lapang. Mesin ditempatkan di tengah. Dengan desain mobil minibus yang body-nya cenderung mengotak. Hidung yang disisakan sedikit bukan ruang mesin yang juga dapat digunakan untuk menyimpan kunci-kunci. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan ruang kabin yang lebih luas. Brand Positioning yang ingin dicitrakan oleh produsen tersebut yaitu …
a. Promosi
b. Harga
c. Produk
d. Tempat
23. Salah satu keunggulan motor-motor dan mobil-mobil buatan Jepang dibandingkan Eropa dan Amerika yaitu toko spare-part dan jaringan bengkel sampai ke kota-kota kecil, selama ini terbukti keunggulannya (performance), dan montir-montirnya ahli (expertise). Untuk mengimbangi kondisi yang ada, maka Motor merek Bangau dari Jialing, dalam iklan yang diperankan Rano Karno dan Basuki, menekankan tentang ketersediaan suku cadang yang tersedia banyak dan dimana saja sebagai salah satu kelebihan motor itu. Ilustrasi tersebut menggambarkan jenis diferensiasi ....
a. Diferensiasi Saluran
b. Diferensiasi Layanan Tambahan
c. Diferensiasi Produk Utama
d. Diferensiasi Personil
24. Yang dimaksud Specialized Industry dalam matrix Boston Consulting Group adalah…
a. Ada banyak sumber diferensiasi dan setiap diferensiasi mempunyai potensi keunggulan yang besar
b. Hanya ada sedikit sumber diferensiasi. Ukuran potensi keunggulan bersaing dari setiap diferensiasi cukup kecil.
c. Hanya ada sedikit sumber diferensiasi, tetapi setiap diferensiasi mempunyai competitive advantage (potensi keunggulan bersaing) yang besar
d. Terdapat banyak sumber diferensiasi, namun ukuran potensi keunggulan besaing dari setiap diferensiasi cukup rendah.
25. Konsumen mempunyai citra yang sempit mengenai merek suatu produk. Mereka mempersepsikan merek mereka terlalu tinggi. Ada suatu kasus, bahwa konsumen merasa bahwa semua rumah yang ada di Lippo Cikarang mahal, padahal ada juga tipe rumah sederhananya yang mana harganya tidak terlalu mahal. Definisi tersebut merupakan jebakan positioning...
a. Doubtful positioning
b. Over positiong
c. Underpositioning
d. Confused positioning
26. Strategi perusahaan yang didesain untuk memperbaiki berbagai kekurangan organisasi yang mengakibatkan menurunnya kinerjanya, dinamakan sebagai strategi…
a. Strategi fokus
b. Strategi pembaharuan
c. Strategi stabilitas
d. Strategi diferensiasi
27. Kondisi yang menggambarkan sejauh mana persepsi kinerja sebuah produk dibandingkan dengan harapan-harapan seorang pembeli adalah merupakan pengertian dari…
a. Migrasi nilai pelanggan
b. Nilai Pelanggan
c. Pemasaran strategis
d. Kepuasan Pelanggan
28. Suatu strategi organisasi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang berbeda dengan produk atau jasa dari perusahaan lain dinamakan …
a. Strategi fokus
b. Strategi pembaharuan
c. Strategi stabilitas
d. Strategi diferensiasi
29. Seiring perkembangan praktik manajemen, munculah beberapa teori utama dalam manajemen. Salah satu diantaranya yaitu membahas tentang pemakaian metode ilmiah untuk menggambarkan “sebuah cara yang terbaik” untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Teori tersebut adalah pengertian dari teori…
a. Organizational Behavior
b. General Administrative Theory
c. Scientific Management Theory
d. Quantitative Approach to Management
30. Menurut Kotler & Armstrong, ada 5 jenis orientasi manajemen pemasaran, salah satunya yaitu berpendapat bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung kepada pemahaman akan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan seberapa mampu perusahaan memenuhinya dengan cara yang lebih efektif dan efisien dibanding para pesaing, yang merupakan definisi dari konsep …
a. marketing concept (konsep pemasaran)
b. product concept (konsep produk)
c. production concept (konsep produksi)
d. selling concept (konsep penjualan)
31. Riset Pemasaran berdasarkan definisi American Marketing Association (AMA) adalah...
a. Proses identifikasi yang menempatkan permintaan sebagai variabel dependen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sebagai variabel independen
b. Metoda yang memberi perhatian pada faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
c. Metoda yang menggunakan data-data penjualan masa lalu untuk mengestimasi penjualan yang datang
d. Identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebaran (pembagian) informasi yang sistematis dan objektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan solusi masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan dalam pemasaran
32. Analisis situasi strategis berarti analisis situasi ini harus bersifat strategis dalam arti situasi yang dianalisis tidak hanya situasi internal perusahaan tetapi juga eksternal perusahaan. Faktor-faktor eksternal perusahaan yang harus dianalisis yaitu …
a. Hasil pelaksanaan program-program bauran pemasaran
b. Kebijakan fiskal dan moneter
c. Perkembangan hasil pencapaian penjualan per area
d. Perkembangan pangsa pasar
33. Berdasarkan ada tidaknya pasar sasaran ada tiga strategi pemasaran menurut Kotler dan Keller, salah satunya yaitu target marketing atau pemasaran bersasaran, adalah...
a. Perusahaan melakukan identifikasi segmen-segmen pasar, memilih segmen untuk dilayani, lalu membuat produk untuk segmen yang dilayani tersebut
b. Memilih pasar yang semakin sempit dan menyesuaikan produk secara spesifik dengan kebutuhan dan keinginan target tersebut
c. Penjual memproduksi produk secara massal mempromosikan produk secara massal
d. Perusahaan memproduksi dua atau lebih varians produk yang berbeda dalam hal fitur, harga, kualitas, gaya, model, dan lain-lain
34. Pelangan dan pesaing merupakan komponen penting dalam...
a. Analisis lingkungan global
b. Analisis lingkungan makro
c. Analisis lingkungan internal
d. Analisis lingkungan mikro
35. Kinerja pasar meliputi, antara lain...
a. keinovatifan (innovativeness), efisiensi, dan kemampulabaan (profitability)
b. barrier to entry (hambatan masuk)
c. konsentrasi industri
d. differensiasi di antara produk-produk yang dihasilkan industri
36. Segmentasi berdasarkan jenis usaha, skala usaha, pertumbuhan usaha dan lama berlangganan dikelompokkan kedalam variabel segmentasi berdasarkan…
a. Karakteristik bisnis
b. Geografi
c. Demografi
d. Psikografi
37. Persaingan antara produk tidak setipe atau tidak sekelas, tetapi masih dalam industri yang sama di klasifikasikan sebagai jenis persaingan…
a. generic competition (persaingan generic)
b. industry competition (persaingan industri)
c. brand competition (persaingan merek)
d. benefit competition (persaingan manfaat)
38. Untuk semua produk obat nyamuk yang tersedia dalam bentuk aerosol dan bakar, PT. Bayer Indonesia menggunakan merek Baygon. PT. Bayer Indonesia menggunakan strategi merek...
a. Strategi multi merek
b. Strategi perluasan lini
c. Strategi merek baru
d. Strategi perluasan merek (brand extension)
39. Bagi konsumen merek memiliki manfaat, yaitu...
a. Memberikan nilai emosional dan ekspresi diri
b. Meningkatkan efisiensi pembelian karena merek menyediakan informasi tentang produk dan tempat pembelian
c. Dengan pemberian merek, mutu lebih terjamin dan konsisten
d. Memberikan perlindungan khusus atau ciri khusus maupun keistimewaan produk
40. Nissan melihat bahwa masih ada celah selebar Rp 40.000.000 antara Serena Ct (Rp 253.000.000) dan Latio (Rp 213.000.000). Apabila pada celah ini diisikan varian baru, dengan Serena yang di-speckdown atau Latio yang di-upgrade, atau memasukkan MPV merek baru, maka Nissan melakukan perpanjangan lini produk...
a. (product-line filling) mengisi lini produk
b. (upward stretching) memperpanjang ke hulu
c. (downward stretching) memperpanjang ke hilir
d. (two-way strectching) memperpanjang ke hulu dan ke hilir sekaligus
41. Potongan harga yang diberikan karena volume pembelian yang besar disebut sebagai...
a. Seasonal Discount
b. Quantity-discount
c. Cash-discount
d. Functional-discount
42. Barang yang memiliki karakteristik unik atau yang diasosiasikan dengan kelompok pembeli yang eksklusif, disebut barang...
a. Specialty goods
b. Shopping goods
c. Confenience goods
d. Unsougth goods
43. Strategi pemasaran, yang mana pengurangan harga yang ditawarkan oleh penjual kepada anggota-anggota saluran perdagangan yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu seperti menjual, menyimpan, dan menyelenggarakan pelaporan dinamakan …
a. Seasonal Discount
b. Quantity discount
c. Cash discount
d. Functional-discount
44. Jenis barang yang dalam mana konsumen bersedia membuang waktunya untuk memilih-milih barang yang ingin dibelinya dinamakan …
a. Specialty goods
b. Shopping goods
c. Confenience goods
d. Unsougth goods
45. Strategi pemasaran di mana perusahaan memakai banyak merek untuk setiap produk yang dimiliki, namun dalam kategori produk yang sama dinamakan …
a. Strategi multi merek
b. Strategi perluasan lini
c. Strategi merek baru
d. brand extension strategi perluasan merek
Kunci Jawaban Soal tentang Strategi Pemasaran (Pemasaran Strategik)
1 B 10 D 19 A 28 D 37 B2 C 11 B 20 C 29 C 38 B
3 C 12 B 21 D 30 A 39 A
4 D 13 A 22 C 31 D 40 A
5 B 14 B 23 A 32 B 41 B
6 A 15 B 24 A 33 A 42 A
7 A 16 A 25 B 34 B 43 D
8 B 17 D 26 B 35 A 44 B
9 C 18 C 27 D 36 A 45 A
Buka juga :
1. 45 Soal Manajemen Pemasaran Pilihan Ganda & Jawaban (Marketing)
2. 40 Soal Mapel Bisnis Online SMK BDP dan Kunci Jawaban
3. 40 Contoh Soal Pilihan Ganda tentang Media Sosial + Kunci Jawaban
Demikian Latihan soal tentang strategi pemasaran atau mungkin sebagian besar menyebutnya dengan sebutan “Pemasaran Strategik”. Semoga contoh latihan soal ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca yang sedang belajar ilmu pemasaran. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini untuk mengunduh atau mendownload soal tentang pemasaran di atas.
Sip
BalasHapusIklannya menggagu bgt pak
BalasHapus